Apa sih bedanya bangku sama kursi? (Dijawab oleh Dewi Rainny)

Jawaban menarik untuk pertanyaan menarik di grup ABAM:

Kita mengenal kata bangku dari bahasa Portugis, dan bentuknya panjang untuk dua, tiga, empat orang duduk bersama. Di mana kata/benda itu datang? Kemungkinan kata bangku datang bersama kata Portugis lainnya: banco de igreja, atau bangku gereja.

Dari mana kita mengenal kursi? Pernah mendengar ayat kursi? Ya, dari bahasa Arab. Kursi berarti singgasana, tahta, juga tempat duduk. Seperti halnya singgasana, tentu yang duduk hanya satu orang.

Tapi film “bangku kosong” sebenarnya bercerita tentang “kursi” yang kosong. Ini bicara tentang tempat duduk sekolah bukan?

Di sekolah, istilah tempat duduk yang digunakan adalah bangku. Ada ‘uang bangku’ ada istilah ‘masih duduk di bangku sekolah’ untuk menggambarkan usia seseorang, walaupun yang dipakai duduk adalah kursi–individual, satu orang satu tempat duduk, tidak berbagi.

Tapi kenapa tempat duduk di sekolah untuk murid (bukan kursi guru) disebut bangku? Karena dulunya, sekolah di Indonesia diisi dengan bangku, bukan kursi.

Lihat ilustrasi berikut:
3374133_20140612115008

Sampai saat ini, tempat duduk bagi murid masih disebut bangku, walaupun dilihat dari bentuknya sebetulnya lebih tepat disebut kursi.

Tidak berarti saat ini tak ada lagi sekolah yang menggunakan bangku. Masih ada. Lihat gambar ini:
dsc01576

http://jeperis.files.wordpress.com/2009/03/dsc01576.jpg?w=300&h=225

Bandingkan ilustrasi dari zaman dulu dan foto hari ini tentang bangku, terlihat betapa merosotnya mutu (fasilitas) pendidikan kita.

Terima kasih untuk pertanyaannya.

-Dijawab oleh Dewi Rainny.

 

Jangan lupa bergabung dengan grup ABAM di Tanya ABAM.

4 thoughts on “Apa sih bedanya bangku sama kursi? (Dijawab oleh Dewi Rainny)

  1. Udah Survei Ke Lapangan BeLom .. ?? Dengan Skala Sebesar APa Surveinya .. ?? Pake Sistem Gimana Surveinya .. ? Istirahatlah Sebentar Mba’, Jangan Terlalu Serius Toh Nyari Tuhan… Apa Udah Ketemu Tuhanya.? Apa Beda Tuhannya ? Kek Gimana tuhan Mba .? APa Yg Dimaksud tuhan Mba .?Berbentuk kah? Berwujud kah .? Terasakah .? Terukur Kah .? Terfikirkah .?

  2. Lucu juga soal bangku dan kursi ini, satu dari bahasa Portugis, satunya dari Arab; dan kaitannya dengan gereja serta ayat kursi membuat kita teringat akan agama yang di bawa keduanya; yang satu Kristen (Katolik), dan yang satunya Islam.

    Ini mengingatkan saya dengan nama-nama hari yang Arab dan Portugis yang berdampingan dengan harmonis di kalender kita. Senin sampai Jumat-nya Arab, tapi Sabtu dan Minggunya Portugis.

  3. Itulah “kebenaran”… sekarang dianggap suatu kebenaran, besok lusa menjadi salah! dan sebaliknya sesuatu yang sekarang dianggap salah ternyata akhirnya menjadi kebenaran!
    Maka pandai-pandailah “mencari kebenaran” karena kata Sang Pencipta, Allah ta’ala, kehidupan dunia itu hanyalah tempat permainan & senda gurau, saling berbangga dan MENIPU dan sesungguhnya kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan di Akhirat kelak.
    Keep Learning!

  4. kalo penulis beneran agnostik/atheis, dari caranya jawab pertanyaan “Apa sih bedanya bangku sama kursi ?” ya kudu realistis/skeptis dong..
    Jawabnya adalah : b-a-n-g-k-u yg satunya adalah k-u-r-s-i jelas beda kan ? gitu aja kok repot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s