Kisah Awal Kehidupan Bumi Menurut Sains

Bumi yang penuh kehidupan sekarang ini awalnya hanya berisi batuan cair yang membara panas, seperti lava gunung berapi yang menyembur dan mengalir deras membakar semua yang dilewatinya.  Kondisi ini terus berlangsung dalam waktu yang sangat lama, sampai akhirnya cukup banyak kalor yang terlepas ke udara dan suhu permukaan bumi mendingin.  Terbentuklah daratan dan lautan yang berasal dari terpisahnya unsur padat dan cair, dan angkasa yang masih diisi oleh atmosfir primitif.  Atmosfir primitif bumi saat itu dipenuhi gas beracun akibat ketidak-mampuannya untuk menyaring sinar UV matahari.  Ini terus berlangsung sampai sekitar 3 milyar tahun yang lalu.

permukaan bumi

“Lalu di mana kehidupannya?” tanya seseorang.  Kehidupan muncul sekitar 2,5-3 milyar tahun yang lalu, dan bukan dari tanah yang tiba-tiba tertiup udara dan bernafas, namun dari laut.  Karena kondisi atmosfir yang tidak mendukung, semua kehidupan di permukaan darat akan habis tersiksa oleh sengatan matahari yang dahsyat dan udara yang tipis akan kandungan oksigen.  Jarak permukaan sampai ke dasar laut sangatlah dalam, dan laut berfungsi sebagai tabir surya di masa awal mula kehidupan.  Panas bumi dan cahaya matahari, keduanya merupakan faktor penting tercampur-aduknya sop purba dalam reaksi kimia yang menghasilkan organisme hidup perdana.  Asam amino adalah bahan dasarnya, dan reaksi yang mengaktifkan terbentuknya organisme purba ini akhirnya membuatnya mengembangkan kemampuan menyerap energi dan berkembang biak.

Bakteri yang menjadi nenek moyang seluruh kehidupan di bumi memanfaatkan energi cahaya matahari.  Mereka berwarna ungu, dan berkembang biak, menyebar dan memenuhi seluruh lautan.  Bayangkan bumi terlihat ungu dari luar angkasa, tidak seperti sekarang bercahaya biru. Hanya sebagian cahaya matahari yang dipakai oleh bakteri primitif ini, sisanya masuk ke laut yang lebih dalam.  Bakteri yang berkembang berikutnya memanfaatkan spektrum cahaya tersisa, yang menjadikan mereka berwarna hijau.  Mereka dikenal sebagai Cynobacteria, mikroba hijau inilah yang kemudian menjadi nenek moyang seluruh spesies tumbuhan di dalam Kingdom Plantae.

Cynobacteria memiliki kemampuan yang tidak dimiliki makhluk lain, fotosintesis.  Dengan memanfaatkan energi dari cahaya matahari, mereka memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen.  Hidrogen dipakai untuk bereaksi dengan karbondioksida menjadi gula, dan oksigen dilepaskan ke udara, mengisi atmosfir, dan akhirnya bereaksi membentuk Ozon.  Ozon inilah yang menjadikan atmosfir bumi mampu menyaring sinar UV matahari.  Sisa oksigen yang berlimpah bermanfaat untuk respirasi tumbuhan, dan dengan kondisi yang ramah kehidupan ini, makhluk lain yang memanfaatkan oksigen untuk mencerna makanan ikut mengalami ledakan populasi dan berevolusi.

Ilmuwan menyebut kejadian ini sebagai Oksidasi Besar, yaitu kejadian di mana reaksi pembentukan oksigen yang memenuhi atmosfir primitif, menjadikannya kaya akan oksigen (O2) dan akhirnya membentuk ozon (O3) yang menahan terjangan sinar matahari dan menstabilkan atmosfir sehingga mendukung kehidupan.

Sumber: How To Grow A Planet – BBC

144 thoughts on “Kisah Awal Kehidupan Bumi Menurut Sains

  1. beginilah mempelajari ilmu tanpa agama cacat. ujung ujungnya jawaban mentok. teori big bang dicari gak bakal ketemu itu bintang besarnya darimana dr “hongkong” sampai keturunan tidak terhitung gak bakal ketemu disini perlu peran agama.
    sekarang mempelajari agama tanpa ilmu juga cacad bisa bisa salah kaprah entar.

  2. Ini yg nulis artikel pinter… Aq setuju.. Bukannya aq ateis tapi justru kadang berpikir.. Manusia diciptakan pertama tanpa mengetahui rasa malu sehingga mereka hidup telanjang.. Tapi setelah memakan buah baru manusia mengetahui rasa malu dan bisa berpikir lebih luas… Berarti bisa dikategorikan kecerdasan dan kesadaran diri manusia di awal penciptaan seperti simpanse atau primata.. Karena mereka satu2 nya hewan yg bisa menggunakan alat untuk melakukan sesuatu… Menurutku memang kita diciptakan dari keluarga yang sama dengan simpanse atau primata… Mereka bisa tersenyum menangis belajar dan saat dikaca mereka sadar yg dikaca iti diri mereka sendiri bukan hewan lain.. Evolusi yg membuat manusia menjadi seperti sekarang.. Contoh pling sederhana ada bagian usus yg tidak berguna malah jadi penyakit di tubuh kita.. Tpi di kera usus yg sama denga kita itu berfungsi untuk membantu proses pencernaan saat mereka memakan dedaunan… Berarti dlu kita jga diciptakan seperti mereka karena memakan yg sama dengan mereka.. Dan soal buah tadi justru yg menjadikan berbeda dari hewan karena adam memakan buah tadi sehingga manusia berevolusi menjadi tau malu.. Karena mengetahui malu itu yg membedakan kita dari kera.. Gak ada yg lain.. Sama2 bisa berpikir dan mempunyai perasaan..

  3. Sains dan Agama tidak bertentangan. Suatu kebenaran tidak akan bertentangan. Kebenaran berasal dari asal muasal yang sama yaitu Tuhan. Bila tampak bertentangan maka ada salah satu pihak yang belum mencapai suatu pemahaman yang benar dan holistik. Tolong kepada sobat-sobat atheis bedakan antara pemahaman orang atas agama dan agama itu sendiri. Bedakan antara institusi agama dengan agama itu sendiri. Terutama Islam, pemahaman orang Islam atau institusi Islam seringkali tidak mencerminkan Islam itu sendiri.

    Kitab suci yang disampaikan Tuhan kepada para rasul-rasul terutama Al Quran tak pernah menyebutkan secara tekstual bahwa Adam sebagai manusia pertama. Kitab suci dengan jelas menyampaikan bahwa setiap manusia termasuk Adam diciptakan Allah lewat mekanisme alamiah sesuai dengan hukum alam, yakni lewat proses reproduksi dan dilahirkan juga lewat proses evolusi . Kitab suci juga tak pernah menyebutkan Adam dan Hawa diusir dari surga. Silahkan dicek pada kitab suci yang benar berdasarkan bahasa asli kitab suci yang benar. Mitos-mitos tersebut adalah penafsiran manusia yang seringkali ilmu pengetahuannya tidak bisa menjangkau kebenaran kitab suci, kemudian di tambah-tambahi dengan dongeng-dongeng menyesatkan.

    Kitab suci menyebutkan Adam adalah salah satu spesies manusia yang diangkat untuk menjadi pengganti (khalifah) pertama dimuka bumi dengan kesadaran dan kecerdasan lebih tinggi. Pengganti (khalifah) pertama untuk memimpin peradaban di bumi menggantikan spesies manusia purba yang selalu membuat kerusakan dan menumpahkan darah. Artinya sebelum Adam sudah banyak manusia.

    Mengenai siapa orang tua Adam dan di zaman apa beliau dilahirkan, tentu harus ditelusuri lewat pendekatan ilmiah, baik melalui ilmu Geologi, sejarah peradaban yang valid, Arkeologi, Palaentologi, bahkan Genetika dan Biomolekuler.

    • Tidak ada yang lebih memahami Islam dibanding Nabi Muhammad, dan beliau sendiri dalam hadits tercatat bahwa memang telah banyak mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan sains, misalnya mengenai kisah Adam yang konon tingginya sampai puluhan meter. Secara biologis hal itu tidak dimungkinkan.

      • Bnatang pda zman prba saja ukurannya bisa mncpai pluhan mter… Tdk mngkin mnusia pda wktu itu tdk mnyesuaikan dri (dngan mnnggikan bdannya)

  4. Bedakan dulu pencipta (tuhan) dan makhluk ,,,baru anda tahu kalau big bang itu siapa creatornya ,,creatornya ialah Tuhan ,,siapa ,bagaimana ,apa,awalnya Tuhan?? Tuhan itu maha dari segalanya TUHAN itu berbeda dengan apa yang Dia ciptakan,,ciptaannya itu terbatas dan terikat ruang dan waktu sedangkan Tuhan tidak…pahami dulu arti dan sifat Tuhan ,,karena Tuhan maha dasyat balasannya ,,,ingat sesuatu itu pasti ada awalnya kecuali tuhan ..kenapa tuhan tidak ada awalnya karena tuhan lah yang mengatur semua,,akal ,fikiran ,logika atau apalah yang berkaitan dengan pengetahuan manusia jin hewan dan sebagainya itu terbatas!!!!!!!!!

    • Tuhan diciptakan oleh Bapaknya Tuhan. Nah, bapaknya tuhan ini tidak ada yang menciptakan. <= ini sama sama klaim yang asal ngotot, dan tidak bisa dibuktikan.

      Yang kita tau, bigbang terjadi. Dan ini berdasarkan hasil kalkulasi dan pembuktian cermat yang mampu mengetahui apa yang terjadi 14,5 milyar tahun lalu. Sementara Kitab Suci (yang ada banyak itu, yang masing masing punya pengikut yang yakin itu benar) hanya berlandaskan iman dan mencocok cocokkan dengan apa yang terjadi di pembuktian sains. Apa yang menyebabkan bigbang? Kita belum tau. Tapi kalau mau ngotot itu dibuat oleh Tuhan lah, Doraemon lah, silahkan. Yang kita tau, Bigbang terjadi itu terbukti, apa yang menyebabkannya ada banyak teori tapi belum didapat bukti yang kuat. Bahwa bigbang dibuat oleh Tuhan juga merupakan teori yang belum dibuktikan, setara dengan teori bigbang diciptakan doraemon.

  5. big bang asal muasal alam semesta . oke lah
    makhluk hidup ? semua berasal dari bacteri ? hanya tumbuhan ? atau hanya hewan ? atau kedua nya ?
    jadi bakteri berevolusi menjadi tumbuhan dan hewan , dan hewan seperti kera berevolusi menjadi manusia ?
    okelah nenek moyang kita yang sesungguhnya adalah bakteri

    eh bukan , nenek moyang kita sebenarnya adalah batuan , air , dan gas yang ada di dasar laut , serta sedikit cahaya matahari . mungkin😀

  6. ateis itu pintar,,tapi yang saya heran apakah semua rangkaian yang sangat kompleks itu terjadi dengan kebetulan,,kalo kebetulan ko bisa sampai sempurna seperti ini ya alam semesta.
    berapa persen kemungkinan gagal, berapa persen kemungkinan manusia tidak ada?
    coba pake ilmu statistik nya bro dari mulai big bang sampai ada planet dan ujung2 nya ada manusia itu sangat2 kompleks dan mustahil itu terjadi dengan kebetulan atw terjadi dengan sendiri nya.
    contoh nya loe ambil satu kartu dari segunung kartu berapa % kemungkinan loe dapet kartu as?
    mikir bro mikir

  7. [[“Lalu di mana kehidupannya?” tanya seseorang. Kehidupan muncul sekitar 2,5-3 milyar tahun yang lalu,]]

    ======

    Kehidupan muncul SEKITAR 2,5-3 milyar tahun yang lalu.
    kapan pastinya kehidupan muncul?
    jangan cuma menduga-duga, kalau anda gunakan kata “sekitar” itu berarti anda tidak yakin betul.

  8. jadi begitu , itu kan proses pembentukan bumi dan seisinya..itu udah berjutaan tahun yang lalu ya..kenapa proses pembentukan bumi itu tidak belangsung lagi sampai sekarang ? padahal ini juga sudah lama sekali udah jutaan tahun juga, manusia pertama di temukan saja sudah ada sejak jutaan tahun yg lalu atau sudah tidak ada nama” bakteri yang baru lagi ?

    • Jika anda mau membaca seberapa jauh ilmu pengetahuan menjelaskan hal hal tersebut, anda bisa mengetahui bahwa jawaban yang kita dapat dari ilmu pengetahuan sekarang jauuh lebih memuaskan daripada jawaban versi kitab suci manapun.

      • Penjelasan di atas persis seperti dalam al-quran :Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.
        Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.

        Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” [Al-Qur’an 41: 9-12] juga dalam al-quran awal kehidupan dari air :Dan Kami jadikan dari air segala sesuatu yang hidup, apakah mereka beriman? “

        (Qs Al Anbiya ‘ : 30 )

  9. Maaf jika melenceng.
    Saya cuma mau curhat kpd kalian semua.

    Saya dilahir dan dibesarkan di sebuah keluarga yg menganut agama islam & tentu saja saya sekarang ‘juga mengikuti’ agama kedua orang tua saya.
    Jika saya dilahirkan di agama lain mungkin saya ‘juga mengikuti’ agama tersebut.
    Sampai saat ini, jujur agama saya masih islam.

    Namun saya sangat tertarik dengan dunia sains.
    Tentang proses terjadinya mahluk hidup & alam semesta.
    di kitab saya mahluk hidup diciptakan hanya dengan “kun faya kun”, jujur saja saya tidak puas dengan jawaban itu.

    Bahkan saat sedang menulis ini saya sempat terpikir, apakah tuhan melihat saya?
    Apakah dia benci kepada saya?

    Adakah kehidupan setelah kematian?
    Apakah surga & neraka itu benar-benar ada?
    Mengapa tiap agama meyakini tuhan mereka masing-masing?
    Mengapa tuhan yg sesungguhnya tidak mencegahnya saja & menyatakan bahwa dialah tuhan yg sesungguhnya?
    Mengapa tuhan membiarkan itu semua?
    Mengapa tuhan di mesir berbeda dengan dewa yg ada di cina?
    Mengapa tuhan tidak mengganggu saya saat menulis post ini?
    Padahal saya sedang meragukan keberadaannya.

    Anggap saja saya sedang tersesat & sangat jauh tersesat.
    jika kamu beragama islam ‘mau’ menolong saya. Silahkan balas ke e-mail saya
    saya sudah mencari jawaban kemana mana namun jawaban-jawaban yg saya terima msh jauh dr harapan saya.
    saya sangat sulit menerima sesuatu yg blm tentu kebenarannya.
    Entah apakah saya tersesat atau bagaimana namun yg jelas.. Saya ‘mulai’ meragukan keberadaan Tuhan saya
    kalau tuhan mau marah kepada saya silahkan. Toh dia juga tdk pernah peduli dengan apa yg saya lakukan.

    Tapi sains… Saya mulai tertarik dengan sain sejak smp. Itu sekitar 12 tahun yg lalu.
    & saya msh sangat tertarik sampai saat ini.

    Terima kasih sudah membaca

  10. mun Valbiant didagor tangkurakna .. eusina pasti hoax wungkul … kumaha eusi tankgurak wae nanaon teh batok sia mah … kudu ku iman .. sia teh .. kehed !!!

  11. Saya suka blognya. Sampai detik ini saya masih percaya ada “tuhan” yg bertanggungjawab atas semua “kekacauan” maupun keseimbangan di semesta ini. Tuhan selama ini dipersonalisasi (punya kaki, tangan. mata, dll). Sehingga “tuhan” bisa murka, cemburu, memaafkan, mencintai, seperti manusia biasa saja. Tapi juga ada yg menyimpulkan “tuhan” adalah suatu sistem holistik, bukan suatu sosok, bukan laki2/wanita/keduanya. Tuhan adalah keseluruhan alam semesta. Nah bingung kan?

    Ayo yang merasa diri “tuhan” atau pernah berkomunikasi dengan Beliau, silakan ikut komentar menjelaskan bagaimana sih proses penciptaan yang “sesungguhnya ?. Kan Tuhan Pencipta yang mahatahu segala sesuatu. Ayo dong jelaskan ke pembaca semua. Boleh Tuhan dari agama mana saja. Lebih disukai kalau Tuhan pakai bahasa Indonesia.

  12. Bisa tidak ilmuan buktikan seminggu yang lalu kamu ketemu siapa aja ? Kejadian apa saja yang kamu alami.. baru kamu ke milyaran tahun ke sana.. khayalan tingkat tinggi.

  13. Setahu sya dlu tuh oksigen adalah gas yg beracun bagi sebagian mikroba,bner ngga sih?
    Trus ada mikroba yg ngembangin organel atau apalah namanya bwt nyiptain organ yg bs membuat oksigen sbgai energinya dan itu adalah asal mula sistem pernafasan,bner ngga sih?
    -anak smp ikut nimbrung.

  14. Logika hanya bisa menilai yang tertampak dan terukur sedang rasa hati dapat melihat yang tak tampak)
    Logika hanya bisa menjalankan atau memikirkan yang sudah terjadi kemudian membangun pola pemikiran. Sehingga dibangun Teori, hukum kemudian yang sesuai dengan kenyataan dibuatlah hukum / kepastian alam.
    Sama dengan edaran bumi mengelilingimatahari tidak berbentuk lingkaran melainkan elip. Lalu disesuaikan dengan hukum kepler untuk menyesuaikan gaya gravitasi dan gaya sentrivugalnya.
    Apa yang anda kemukakakan baru merupakan teori bukan hukum kejadian. Sebagaimana teori atom akan berkembang terus.
    Jutaan Planet planet lain yang juga mengalami pendinginan dan semula gas beracun juga tidak mengalami evolusi tumbuhnya bakteri menjadi mahluk.
    Logika scientis hanya mencari jawaban sesuatu yang sudah terjadi namun tidak seluruhnya dapat terjawabkan.
    Namun yang pasti seluruh jagad raya beserta isinya termasuk bumi berjalan teratur sesuai fungsinya.
    Begitu juga evolusi tidak menjawab hewan Ada hewan berkembang biak melalui kawin, membelah sel, hermaprodite, hamil di rahim dan diluar rahim beserta insting. Semua sudah ada baru dipelajari.
    Sampai saat ini tidak bisa dibuktikan bagaimana terjadinya awal mahluk hidup walaupun sudah disesuaikan unsur unsur kimianya. Walaupun bisa membuat bendanya tapi tak bisa membuat bateray (ruh) yang menghidupkanya
    Allah itu menciptakan mahluk setelah bumi mengalami pendinginan kemudian segala kebutuhan manusia diantaranya ilmu pengtehuan sebagai bahan otak berfikir pertumbuhan jiwa sedangkan hewan serta tumbuhan ( juga penghasil o2) sebagai sarana perut untuk pertumbuhan raga. Pastilah awal kehidupan manusianya telanjang dan itulah awal proses berfikir manusia. Ilmu manusia akan terus berkembang menemukan ilmu pengetahuan (yang sudah ada diciptakan Allah tapi belum ditemukan oleh manusia) sampai batas ahir kehidupan dimana gaya tarik matahari berkurang menarik bumi akibat massanya menjadi energi dan bumi ter lepas atau terserah Allah kapan menghentikan kehidupan.
    Inspirasi anda semakin menambah yakin saya kepada Allah dan apa yang disampaikan kitab Allah
    Dan maaf bila pemikiran saya tak sempurna . Semoga rahmat Allah tercurah pada anda.

  15. Ping-balik: Bagaimana asal usul kehidupan? Siapakah Manusia pertama?

  16. Pertanyaan untuk yg ateis yg nulis artikel ini. Jadi dari mana datangnya kondisi seperti ini “batuan cair yang membara panas, seperti lava gunung berapi yang menyembur dan mengalir deras membakar semua yang dilewatinya.”?

    Pertanyaan bagi non atheist, Tuhan sendiri dari mana asal usulnya?

    Siapa yg bisa menjawab dua itu kurasa akan tau siapa yg benar atau salah.

  17. sains dan alkitab benar, bahwa bumi tercipta lebih dulu sebelum langit (atmosfir) dan jelas antara langit dgn samudera raya (ruang angkasa).
    tdk seperti dlm quran yg mengatakan langit lebih dulu tercipta dari pada bumi.

    jadi kesimp, alkitab itu benar secara sains.

  18. sains dan alkitab benar, bahwa bumi tercipta lebih dulu sebelum langit (atmosfir) dan jelas antara langit dgn samudera raya (ruang angkasa).
    tdk seperti dlm quran yg mengatakan langit lebih dulu tercipta dari pada bumi.

    jadi kesimp, alkitab itu benar secara sains.

  19. wkwkwk lucu yg menyalahkan alqur’an, sy netral dan tidak membela agama manapun, anda bodoh sekali ya, mana mungkin cahaya ada sebelum diciptakannya matahari, anak sd pun tahu cahaya nggak bakalan ada klo nggak ada matahari. alkitab ngibul ya. justru alkitab itu banyak yg cacat dripda alqur’an mengenai sains, literatur bahasanya aja jelek. teori langit diciptakan itu ada kali org atheis udah membuktikan soal teori penciptaan bumi tpi kami berbeda pendapat kalau soal penciptaan manusia :v hahahahhaaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s