Apa itu “Flying Spaghetti Monster”?

20130812-075327.jpg

Flying Spaghetti Monster adalah Tuhan parodi/agama parodi yang sering digunakan para nonbeliever (ateis) ketika ditanya apa agama/tuhan mereka dalam konteks yang tidak serius. Sama seperti ‘invisible pink unicorn’ atau versi lokal: Cherrybelle Tuhan Semesta Alam. Banyak agama besar di dunia memiliki kisah yang kurang lebih sama anehnya, namun karena mereka terbiasa dengan kisah agama masing masing, mereka hanya mampu melihat kekonyolan agama lainnya. Kemunculan istilah istilah FSM sendirimemiliki cerita yang menarik.

Awal mulanya: negara bagian Kansas di Amerika Serikat dengan cerobohnya mengeluarkan keputusan untuk mengganti kurikulum mengenai teori evolusi dan menawarkan intelligent design sebagai alternatif dalam meta pelajaran sains. Seperti kita tau, intelligent design memiliki prinsip bahwa tubuh manusia dan alam semesta yang kompleks pasti memiliki pencipta di baliknya. Bahwa awalnya ini terlihat seperti argumen teisme umum, di dalamnya sarat dengan jumping argumen yang berakhir dengan pengajaran teologi Kristen.

Sebagai orang yang peduli pendidikan, pria bernama Bobby Henderson mengirim surat ke dewan pendidikan Kansas memprotes keputusan tersebut. Suratnya panjang, penuh argumen dan sangat cerdas. Salah satunya menunjukkan bahwa kalau pun—di sini kita bisa berandai—intelligent design itu benar, ‘sosok pencipta’ dalam konteks itu bisa apa aja termasuk Flying Spaghetti Monster. Henderson juga menyindir klaim yang dikeluarkan gereja bahwa jumlah bencana alam yang meningkat disebabkan meningkatnya jumlah ateis. Henderson mengatakan bahwa pemanasan global terjadi karena menurunnya populasi bajak laut. Sebagai buktinya disertakan statistik bahwa Aomalia yang memiliki populasi bajak laut paling banyak, justru memiliki kadar emisi gas rumah kaca paling sedikit. Intinya, beliau ingin membuktikan lewat sarkasme bahwa korelasi tidak berimplikasi pada kausalitas.

Surat itu tidak mendapat tanggapan sehingga Henderson memutuskan untuk menaruhnya di web. Di luar dugaan, isi surat itu mendapat banyak hit pembaca dan menjadi sangat populer. Orang-orang menggunakan argumen di dalam surat itu untuk meledek diajarkannya ID (inteligent design) di sekolah. Sejak saat itu FSM menjadi parodi untuk Tuhan, dan bajak laut menjadi ikon FSM.

Karena ide tersebut lucu dan bisa juga untuk mengolok-ngolok agama, FSM ini mulai dikembangkan menjadi simbol parodi agama. Tentu saja penganutnya adalah orang-orang yang mengetahui sejarah FSM dan sebetulnya ateis. Segala-galanya dihubungkan dengan pasta seperti: Amen diganti Ramen. Bulan suci Ramadan diganti Ramendan. Hari libur keagamaan disebut Holyday. Agamanya sendiri disebut Pastafarian, plesetan dari Rastafarian. Dan masih banyak lagi. Kitab suci FSM (Church of Flying Spaghetti Monster) juga dibuat sebagai plesetan gabungan dari Alkitab dan Quran.

Banyak organisasi keagamaan memaksa pemerintah meloloskan undang-undang irasional, murni karena alasan “kebebasan beragama.” Jika FSM berhasil dikukuhkan sebagai agama resmi yang diakui sebuah negara, mereka pun bisa memaksakan hal-hal konyol seperti boleh menggunakan atribut bajak laut sebagai bagian dari “kebebasan beragama.” Ini adalah untuk mengajarkan bahwa segala keputusan pemerintah seharusnya memisahkan agama dan negara (sekuler), karena pada akhirnya segala keputusan pemerintah harus bersifat rasional, sebab tidak bisa ada penganut agama yang mengaku bahwa agamanya paling benar, lantas memaksa bahwa keputusan pemerintah hanya menguntungkan penganut agama tersebut. Bayangkan saja bagaimana jadinya jika pemerintah Indonesia dikuasai aliran Ahmadiyah atau Lia Eden.

17 thoughts on “Apa itu “Flying Spaghetti Monster”?

  1. Assalamualaikum..Alam semesta diciptakan dengan kompleks, dari hal terkecil di alam semesta dari proton dan neutron, sampai pada kompleksitas hal besar seperti bintang-bintang dan contoh sederhana galaxy bima sakti, dari ratusan juta galaxy mampu berjalan dengan sangat baik, dan bahkan mengorbit dan beredar pada porosnya masing2, bahkan yg sederhana dalam tubuh manusia yg terdiri dari ratusan juta sel-sel yg terus berkembang dan bekerja sesuai dengan hakikat penciptaannya, tidak akan mungkin satu orang ateis pun akan dapat menjawab bagaimana kekompleksitasan semua kehidupan ini berjalan tanpa ada yg mengendalikan, kemudian beranikah ateisme menjawab bagaimana kebesaran Tuhan ini? Apapun agama yg dipercayai, semua hanya satu kunci bahwa Tuhan lah yg bekerja dibalik luar nalar manusia, karena itulah kuasanya yang tak mampu dijangkau akal yg bahkan seberapa ratus kali seorang ateis memutar otaknya untuk menjawab, akan sulit menemukan jawaban, Mengapa tata surya ini mampu berjalan sesuai hakikatnya? Mengapa ada siang dan malam? Seberapa hebatnya riset otakmu untuk berpikir temukan jawaban bahwa meski berdoa dengan pisang pun akan ada kemungkinan dikabulkan, tetapi satu hal yg perlu kamu tahu dalam islam bahwa, Allah itu takkan mampu kamu ubah dalam wujud, dan Allah itu Maha Baik, karena apapun agamamu, Dia akan memberikan hak yg sama padamu untuk meminjam oxygen dari tumbuh2han yang Dia ciptakan, hak yg sama untuk menemukan jawaban atas hakikat penciptaanmu, manusia tidak mungkin diciptakan tanpa tujuan, dan seluruh alam semesta ini takkan mungkin hadir tanpa ada maksud dan tujuannya, terima kasih. Wassalam

    • [[Alam semesta diciptakan dengan kompleks]]
      Maksud anda diciptakan oleh sosok berkehendak?
      Atau diciptakan oleh fenomena alam seperti Flutuasi Quantum?

      Kalau maksud anda yang pertama, harus dibuktikan dulu.
      —-

      [[Mengapa ada siang dan malam?]]
      Harusnya sih nanti di SMP diajarin, atau malah di SD.
      Siang Dan Malam, terjadi karena Rotasi Bumi.
      Karena Rotasi Bumi, maka permukaan Bumi yang menghadap Matahari, berganti.
      Permukaan yang menghadap Matahari, mengalami Siang.
      Yang tidak menghadap Matahari, mengalami Malam.
      ——

      [[contoh sederhana galaxy bima sakti, dari ratusan juta galaxy mampu berjalan dengan sangat baik, dan bahkan mengorbit dan beredar pada porosnya masing2]]
      Kalau yang ini kayaknya di SMA deh diajarinnya.

      jadi lebih lama nunggunya.

      Sederhananya, bisa terjadi karena Gravitasi + Momentum.
      ——-

      [[yg sederhana dalam tubuh manusia yg terdiri dari ratusan juta sel-sel yg terus berkembang dan bekerja sesuai dengan hakikat penciptaannya]]

      Kalau ini musti kuliah, ambil jurusan BioChem.
      ——–

  2. Sejauh ini tidak ada bukti dan/atau indikasi bahwa benda-benda alami seperti galaksi harus ada pengaturnya. Bukti di lapangan justru menunjukan bahwa benda-benda alami berjalan dg sendirinya melalui hukum alam.

    Atau apakah anda masih percaya bahwa pelangi itu pasti ada yg melukis?

  3. Tadi pagi ketika saya berangkat kerja, tiba-tiba saya melihat sebuah pohon besar tumbang tanpa ada sebab-sebab yang jelas. Pohon itu tiba-tiba bergerak sendiri tanpa saya tahu penyebabnya. Pohon tumbang itu terpotong-potong menjadi beberapa bagian dan secepat kilat berubah menjadi sepeda! Entah kenapa ketika itu saya ingin menaiki sepeda ajaib yang baru saya temui. Ketika saya naiki, sepeda itu melesat kencang dan mengantarkan saya sampai di depan gerbang kantor. Pertanyaan saya, percayakah anda bahwa hal itu benar-benar terjadi? percayakah anda jika pohon tiba-tiba bergerak dan berubah tanpa ada yang mengendalikannya? Jika anda tidak percaya, berarti anda pintar. Hal sekecil ini saja tidak dipercaya, kenapa harus percaya bahwa alam semesta yang begitu besar tidak ada yang mengendalikan? See?

    • Intinya berarti maksud anda segala sesuatu ada penciptanya begitu?

      Oke.. kita kunci hipotesa tsb.

      Kalo segala sesuatu ada penciptanya berarti tuhan juga ada penciptanya dong.

      Kata-kata ” segala sesuatu” disitu bermakna luas tanpa pengecualian.

    • Tiap malam, saya selalu menaruh earphone-earphone saya, kabel-kabel charger saya, saya simpan di satu tempat. Saya punya kebiasaan, tiap pagi buang air besar, dan selalu inginnya sambil mendengarkan musik di handhpone atau tablet saya. Tadi pagi.. (bahkan setiap pagi), saya hendak mengambil earphone saya, ternyata saya jumpai earphone saya dalam keadaan terikat bersimpul (sering kan pasti kejadian ?). Pertanyaan saya, siapakah yg mengikat / menyimpul tali2 ini ? Padahal saya hanya tinggalkan begitu saja… apakah ada seorang entitas maha iseng yang tiap malam selalu menalikan kabel earphone saya ?

  4. Menurut Islam, atheis itu lebih baik daripada penganut agama non-muslim. Menurut Islam, atheis itu satu langkah lagi menjadi muslim. Kenapaaa? Karena atheis itu biasanya orang cerdas, dan tidak mewarisi agama orangtuanya. Atheis biasanya punya ortu beragama. Atheis mengakui ; TIDAK ADA TUHAN. Islam mengakui : TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH. Jadi, atheis sudah separuh jalan menuju muslim. Karena memang tidak ada Tuhan, melainkan Allah. Manfaatkan kecerdasan dan masa muda anda, sehat anda, anda untuk berpikir dan membaca Taurat, Bibble lalu terakhir, bacalah Al Qur’an. Sebelum masa tua dan sakit anda datang, dan maut merenggut anda dengan penuh kesia-siaan.

  5. tony, bukannya saya gak percaya

    anda punya bukti foto atau videonya??
    atau cuma sekedar omong kosong seperti kisah-kisah di “kitab suci”??

  6. “Bayangkan saja bagaimana jadinya jika pemerintah Indonesia dikuasai aliran Ahmadiyah atau Lia Eden.”

    kenapa harus bayangin dikuasai aliran Ahmadiyah atau Lia Eden kalau sekarang aja sudah dikuasai sama satu agama? beberapa keputusan pemerintah tak terpisah dari Islam.

  7. Ping-balik: Apa itu Flying Spaghetti Monster?

  8. Wahaha leren o cah debat lewat komen xD
    Yg udah baca Quran dan tafsir+sebab diturunkanya surat saiki baca buku buku sains, yang udah baca buku buku sains sekarang baca quran tafsir dan sebab diturunkanya. Wes gitu aja kok repot. Entah gmn nanti konklusi akhirnya, Jadi kl ateis ya makin kuat pahamnya, kl beragama makin kuat imanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s