Apa Bukti Bahwa Tuhan Tidak Ada?

20130825-164421.jpg

Pertanyaan ini hanya bisa dijawab apabila kata “Tuhan” didefinisikan secara jelas. Tanpa definisi yang jelas, tidak mungkin apa pun dibuktikan ada atau tidak ada. Bayangkan Anda diminta membuktikan keberadaan X tanpa disebutkan secara sangat jelas, apa itu X. Permasalahan sama tentang Tuhan mengingat hampir semua agama memiliki deskripsi sendiri tentang Tuhan. Ada yang menganggapnya sosok yang bisa marah dan berkehendak, ada yang berkata Tuhan adalah kesadaran manusia itu sendiri. Ini membuat pembuktian Tuhan menjadi mustahil ketika semua memiliki definisi berbeda.

Persoalan kedua adalah dalam skala sebesar alam semesta, membuktikan ketiadaan sesuatu adalah mustahil. Contoh, tidak ada yang bisa membuktikan bahwa Sinterklas tidak ada. Tidak ada yang pernah merekam dan menjelajahi setiap jengkal bumi untuk menunjukkan bahwa tidak ada Sinterklas. Bagaimana jika Sinterklas bersembunyi di Bulan? Bagaimana jika Sinterklas bersembunyi di dimensi lain? Ini jugalah yang terjadi pada jin. Tidak ada yang bisa membuktikan jin tidak ada, tidak ada yang bisa membuktikan Doraemon tidak ada.

Secara umum, orang yang mengklaim keberadaan sesuatulah yang memiliki kewajiban untuk membuktikan. Tertama jika klaim tersebut berlawanan dengan hukum fisika dan azas kenormalan yang ada. Prinsipnya, an extraordinary claim requires extraordinary evidence. Jika ada orang mengatakan memiliki pensil, maka saya tidak perlu menuntut pembuktian karena memiliki pensil adalah hal yang biasa. Berbeda, misalnya, dengan seseorang mengaku memiliki pensil emas tidak kasat mata yang mampu mengabulkan segala keinginan. Klaim tersebut terlalu luar biasa untuk dipercaya tanpa bukti.

Kembali kepada pembuktian Tuhan tidak ada, mari kita tinjau dari deskripsi agama mayoritas tentang Tuhan, melalui sifat-sifatnya. Ada kesamaan konsep Tuhan yang diagungkan agama-agama mayoritas saat ini. Dengan menggunakan Logika, kita bisa membuktikan bahwa konsep tuhan yang sering diajukan memiliki kontradiksi. Ini berarti kalau pun ada Tuhan, pastinya bukan seperti yang digambarkan sesuai konsep berikut:

1. Maha-Kuasa versus Maha-Kasih versus Maha-Tahu
Epicurus, seorang filsuf Yunani memiliki ungkapan terkenal “Epicurus’ Problems of Evil” yang kurang lebih berbunyi
“Kalau Tuhan sanggup tetapi tidak mau menghilangkan penderitaan manusia, maka dia jahat.
Kalau Tuhan mau tetapi tidak sanggup menghilangkan penderitaan, maka dia tak maha kuasa.
Kalau Tuhan sanggup dan mau menghilangkan penderitaan, maka penderitaan tidak seharusnya ada.
Kalau Tuhan tidak mau dan tidak sanggup menghilangkan penderitaan, kenapa disebut Tuhan?”

Jawaban paling logis dari pertanyaan Epicurus di atas adalah “Karena tuhan tidak tahu kalau ada penderitaan.” Hanya saja atribut Maha-Tahu yang juga diberikan kepada sosok tuhan, membuat jawaban logis yang tersisa adalah “Di dunia yang memiliki penderitaan tidak mungkin ada tuhan yang Maha-Kuasa sekaligus Maha-Baik sekaligus Maha-Tahu.”
Andai pun ada sosok yang bisa dianggap tuhan, maka sosok itu entah tidak Maha-Kuasa, atau tidak Maha-Baik, atau tidak Maha-Tahu.

2. Maha-Adil dengan Neraka bagi orang yang tidak menyembahnya/Kafir/Infidel/Non-Believer
Adil adalah memberikan apa yang sepantasnya.
Adil adalah memberikan semua orang kesempatan yang sama.

Keberadaan konsep “Seluruh kafir pasti masuk neraka” bertentangan dengan konsep Keadilan, apalagi konsep Maha-Adil.
Tidak ada orang yang setuju bahwa “Pencuri Ayam yang tidak kenal Hakim dihukum 1 tahun penjara, sedangkan Pencuri Ayang yang kenal Hakim dibebaskan” itu adil.
Mengenal sang Hakim tidak lantas merubah hukuman atas apa yang diperbuat seseorang.
justru konsep “Keringanan hukuman karena kenal dengan Hakim” adalah salah satu konsep yang paling ditentang, yaitu Nepotisme.

Jadi konsep “seseorang yang percaya masuk surga, walaupun dia membunuh orang.
sedangkan orang lain yang tidak percaya, walaupun dia juga membunuh orang”
bukanlah keadilan, melainkan Nepotisme.
Dalam sistem yang adil, maka kedua orang tersebut haruslah mendapat perlakuan yang sama, sama-sama masuk neraka atau sama-sama masuk surga.

Bagaimana jika ada hukum bahwa “Hanya Jika orang percaya maka dia masuk surga, tidak peduli apapun perbuatannya, dan hanya Jika orang tidak percaya maka dia masuk neraka, tidak peduli apapun perbuatannya”?

Sekali lagi ini juga menyalahkan konsep Keadilan, karena kesempatan masing-masing orang untuk percaya tidaklah sama besar.
Seperti kita ketahui, setiap daerah dan jaman memiliki agamanya masing-masing.
Apa agama Anda, 90% berasal dari keluarga Anda, 9% dari lingkungan Anda dibesarkan.

Kalau kebetulan Anda lahir di keluarga yang benar dan lingkungan yang benar, maka ada 99% kemungkinan Anda menganut agama yang benar.
Kalau kebetulan Anda lahir di keluarga yang salah dan lingkungan yang salah, maka ada 99% kemungkinan Anda menganut agama yang salah. Dan artinya 99% kemungkinan Anda masuk neraka. Ini tentunya tidak adil karena hanya 1 persen saja masuk neraka.
Seharusnya semua orang memiliki kesempatan yang sama besar untuk mengenal agama yang benar, kalau memang ada.

Kedua konsep tersebut adalah konsep yang paling banyak dipakai dalam menggambarkan tuhan.
Walaupun tidak menutup kemungkinan adanya tuhan yang tidak sesuai konsep tersebut, tapi ini sudah cukup untuk membuat sebagian orang ragu, apakah konsep tuhan itu sendiri benar.

-LL-

Iklan

282 thoughts on “Apa Bukti Bahwa Tuhan Tidak Ada?

  1. Anda percaya tidak konsep ‘tanda’?
    Bayangkan anda sedang dalam hutan,lalu terlihat jejak2 kaki harimau di tanah. Kalau anda orang berakal anda pasti langsung keluar dari hutan tersebut, anda PERCAYA bahwa harimau itu ada walau wujudnya tidak terlihat.
    Begitu juga dengan tuhan. Alam semesta dengan semua kerumitannya, kita manusia dengan tubuh yang rumit dan cara kerja organ yang mencengangkan..itu semua adalah tanda2 tuhan. Mustahil semua ini berevolusi secara mandiri. Pasti ada yang menciptakan.
    Kalau belum jelas anda bisa menonton video2 Harun Yahya. HY saya kira bisa menyangkal kepercayaan atheis tentang ketidakberadaan tuhan.

    • Ini bukti keberadaan Tuhan, yang bisa diterima oleh akal dan pikiran manusia :
      Saya hanya menerangkan mengenai Keadilan Tuhan, Al Adl & Al Hakim
      Consep keadialan manusia adalah 50 : 50 sama dengan Keadilah Tuhan didalam Al Baqarah ayat 286 “Manusia akan diuji sesuai dengan kemampuannya, kebaikan dan kejahatan akan dibalas sesuai dengan apa yang dilakukannya”
      Annisa ayat 129 ” Manusia Tidak BIsa Berlaku Adil”
      Ini Buktinya ” Contoh Ilustrasi”
      Contoh 1 :” Saya Mencuri uang 1jt, berari saya harus mengembalikan 1jt dan meminta maaf, pada saat dikembalikan, ternyata uang yang saya curi itu untuk berobat anaknya, dan akhirnya anaknya meninggal !!!!!”, saya sebagai manusia tidak bisa menghitung berapa nominal yang harus diganti supaya adil, ada yang bisa menghitung ??????.

    • Jadi tuhan hanya tanda? harimau ada wujudnya, nyata. sedangkan tuhan? sdh ada wujud nya?.
      kl semua yg ada di ciptakan, lalu siapa pencipta tuhan? tuhan kan jg ada.

    • Tuhan itu Maha besar jadi siapapun manusia tidak akan mungkin mengerti Tuhan dan Tuhan lebih besar dari apapun didunia ini termasuk lebih besar dari yang namanya agama ataupun pemikiran dan teknologi apapun . manusia sangatlah kecil termasuk agama dan kepercayaan apapun sangat lah kecil di bandingkan Tuhan dan manussia terbatas dalam kata dan bahasa untuk menamai tuhan denagan bahasa masing- masing . manussia juga terbatas pemikirannya sehingga terkesen tuhannya berbeda2 setiap manusia meskipun agama atau kepercayaan yg sama karena persepsinya yang beda

    • Tapi justru sains sudah jelas menjelaskan dari mana hal2 itu berasal dan bagaimana hal2 tersebut bekerja.

      note saya bukan atheis

  2. Dengan adanya bumi, pohon binatang dll. dan adanya langit,matahari di waktu siang dan bulan bintang di waktu malam, itu berarti ada oknum yg menciptakannya. kemudian ada Manusia dan makluk hidup lainnya hewan. itu ber arti ada oknum pencipta. dan pencipta itu di sebut Yahwe atau TUHAN.
    sedangkan kata “KAFIR ” DLM KAMUS iNDONESIA artinya tidak memiliki Tuhan. Kristen punya Tuhan Yesus sebagai juruh selamat. lalu agama lain, siapa nama Tuhannya ? kenapa manusia itu bernafas ? kenapa ada angin ada air ? siapa oknumnya ? Ia karena ada yg menciptakan kita dan segala isi dunia ini. karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga DIA mengaruniakan Anak-Nya yg tunggal supaya barang siapa percaya kepada Yesus TIDAK BINASA MELAINKAN BEROLEH HIDUP YG KEKAL.

    • justru adanya sosok itu yg aneh..apakah alam semesta ini diciptakan oleh 1 sosok yg maha hebat …? kenapa tdk alam semesta itu sendiri yg maha hebat…?..konsep adanya sosok pencipta mengecilkan alam semesta yg maha hebat itu sendiri…so alam semesta itu sendirilah yang menciptakan semuanya……..berikut 5 hukum alam semesta yg maha perkasa dengan ketepatan, dan keadilannya termasuk mahkluk-2 hidup didalamnya. Sosok-2 Tuhan yang ada di dipercaya dunia maupun alam semesta lainnya hanyalah mahkluk-2 suci, bisa berupa sekelompok dewa-2, atau makhluk-2 suci lainnya termasuk manusia suci. Hukum alam semesta berlaku dengan sendirinya tidak ada 1 sosokpun yang sanggup mengaturnya termasuk dewa-2 atau sosok-2 suci tersebut. Didunia semua yang terjadi karena karma, just sharring….

  3. Jika memang tidak ada Tuhan, maka tidak akan ada yang mengatur sehingga segala sesuatu terjadi secara tidak sengaja atau kebetulan. Logika saya tidak mampu memahami, bagaimana bisa alam semesta, galaksi bima sakti, bumi, manusia dll dapat muncul dari suatu kebetulan ? Ketika saya mengerti begitu kompleks sistem-sistem biologi yang sedang berjalan di jari telunjuk saya, juga menakjubkannya proses-proses geologi yang pernah, sedang dan akan terjadi, serta rumitnya hukum-hukum fisika yang ada pada sebuah benda dengan seluruh kerangka acuannya, saya sudah mempunyai cukup bukti untuk diri saya sendiri bahwa ada sesuatu yang menciptakan dan mengatur semua itu.

    • semua ada pencipta..
      trus knp ada hukum ‘energi tdk bisa diciptakan’ ? patahkan dulu hukum kekekalan energi baru ngomong penciptaan.

      Semua ada yg ngatur? knp bentuk upil tdk teratur?

    • Okeh kalau logika dan kepercayaan anda mempercayai bahwa kita hidup di dunia itu begitu kompleks mulai dari diri seorang manusia sampai alam yang kita tinggali itu tersusun rapi seolah olah benar benar ada yang memainkan, tapi coba tambahkan logika anda tentang kelanjutannya “Jika kita dan alam kita yang kompleks ini diciptakan oleh seorang PENCIPTA, maka siapa yang menciptakan sang PENCIPTA yang membuat dunia sekompleks ini? jika berpikir secara logika berarti kita sadar bahwa ketika kita sadar ada yang menciptakan kita yangg se kompleks ini maka sang pencipta kita berarti akan lebih kompleks dari kita lalu siapa yang menciptakan sang pencipta kita? berarti pencipta itu tidak ada akhirnyakan? kita diciptakan kompleks, pencipta kita diciptakan lebih kompleks lagi oleh penciptanya dan akan seperti itu seterusnya…”

    • Okeh kalau logika dan kepercayaan anda mempercayai bahwa kita hidup di dunia itu begitu kompleks mulai dari diri seorang manusia sampai alam yang kita tinggali itu tersusun rapi seolah olah benar benar ada yang memainkan, tapi coba tambahk
      an logika anda tentang kelanjutannya “Jika kita dan alam kita yang kompleks ini diciptakan oleh seorang PENCIPTA, maka siapa yang menciptakan sang PENCIPTA yang membuat dunia sekompleks ini? jika berpikir secara logika berarti kita sadar bahwa ketika kita sadar ada yang menciptakan kita yangg se kompleks ini maka sang pencipta kita berarti akan lebih kompleks dari kita lalu siapa yang menciptakan sang pencipta kita? berarti pencipta itu tidak ada akhirnyakan? kita diciptakan kompleks, pencipta kita diciptakan lebih kompleks lagi oleh penciptanya dan akan seperti itu seterusnya…”

  4. BUAT AGAN” ATEIS SEMUA @ w ksih tau u gan cara y u mau bisa lihat tuhan,n dy bener ada di alam semesta ini.
    Seperti umum y d alam semesta ini ada 2 hal contoh y air dgn api,langit dgn bumi,laki” n prempuan,bulan n matahari dsb y.

    Cara y gampang co gan w pernah praktekin n mengalami y,sama cra jg ada 2 cara.

    1.seperti kta enstein tu benar 100%, ky dy blang ( otak profesor tidak kelihatan kan?? ).

    Y tentu saja otak belum bisa kelihatan soal kepala y belum di belah/ dibuka jdi otak y blm bisa dilihat klau cuma pke kasat mata sja.
    Jdi klau u cma mengandalkan pengelitan kasat mata sja tuhan tu belum bsa km lihat,jdi u hrus ngebelah/buka dulu pikiran n hati mu dlu cra y , terserah u klau mau percaya tuhan yg mna atas pilihan n keyakinan u nti.
    Cara ngebelah / ngebuka pikiran n hati u tu setelah u memeluk agama yg u yakin trs u jalani deh ibadah n jauhi larangan yg ga baik y,
    Nti tanpa d sengaja/di duga u akan dapat hidayah u bisa ngelihat tuhan tu ada,yg posisi u dr yg nama y ga mungkin bsa mungkin.

    2.ini yg seperti w blang gan w udh pernah ngalamin/praktekin di diri w sendiri, dlu 10 tahun yg lalu pas w msih sekolah SMK w sakit gan parah bisa y cm tiduran doank d tempat tidur hmpir sebulan gan di rawat di rumah doank mau k rmah sakit ga da biaya maklum gan w dr kluarga ekonomi kurang,w udh hampir mati gan,nah d saat” qta mau mati gan tu tuhan ada gan bisa di lihat,warna y putih cahaya n adem bngt n saat tu jg ada sosok yg amat seram bngt gan smpai” ga mau untuk ngeliat ga ampun w ngebanyangin tu azubilah min zalik,mungkin yg w maksud tu yg seperti di bilang di ajaran agama surga n neraka gan sumpah tu bener” ada gan w ga bohong ma u.ketika w ngalamin tu w posisi w ga tidur bukan lg mimpi lg mata k buka tp mulut ga bisa ngomong apa”,ga bs gerak n w hanya ingat satu hal ketika tu yg hnya bisa menolong n nyelamatin w waktu tu y bener ga da lg selain tuhan ( allah swt ),abis emng w dr lahir keturunan dr ortu w islam jd w percaya ma tuhan w yg d agama islam allah swt gan,jd pas w ngelamin tu ga da selain memohon n berdoa d hati w ma tuhan abis w ngeliat tu semua ga bsa gerak ga bs ngapa”in,w minta ma allah untuk di beri kesempatan untuk ngebahagiain ortu w dlu krna w anak laki satu” y dr 2 brsaudara.
    Alhamdulilah gan setelah tu ngilang tu semua y dr pandangan mata w pas lg sakit n aneh y bsok an y w sehat udh bsa aktifitas lg udh bsa masuk sekolah lg.

    Nah dengan kejadian yg w alami gan w cm ksih tau jangan coba” u tantangin kuasa tuhan tu ada n ga bisa di lihat n atau di rasakan dengan cara logika saja.

    Klau ga percaya n tetep berfikir tentang cara ateis u n serba pke sains n logika u boleh coba deh pake cara y yg w blang n u praktekin sendiri.
    Emng kan apa pun jg d dunia ini harus serba pke cara kan??
    Nah udah w ksih tau n pengalaman yg w alami sendiri gan,
    Klau mau simple n ga ribet kalau u melihat bener ada y tuhan,surga/neraka??

    U harus praktekin sendiri diri u ky w jdi hasil y puas buat dri u krena u sendiri yg praktekin jd ga kecewa,kalau dri u sendiri yg praktekin kan u baru percaya klau cman d ksih tau baik” orang tipe”ateis mcem dri u ky y ga mempan.

    Ni gan simpel instan bngt cara y ky msak indomie gan,w ksih tau biar cpt bisa lihat yg nama y tuhan,surga n neraka tu bener ada y??

    Y pertama u di suntik mal praktek dlu tu gan ky seperti kasus” d rumah sakit,u harus di bikin mati ga mati,hidup jg ga hidup gan,
    W jamin gan 100% tu u bisa lihat yg nmay malaikat yg mau nyabut nyawa u u bisa lihat sendiri bentuk y ky apa dy.

    2.ni yg pling ampuh 1.000.000% u pasti bs ktemu langsung ga cuma ngeliat” lg tp jg merasakan nyakin w klau tipe orang ky u gan u langsung percaya deh yg nama y tuhan,surga n neraka ada apa ada y.

    Cara y gan u siap” gan di pintu rel kereta api nunggu kereta mau lewat terus entr klau tu ada mau kereta api mau lewat otomastiskan bunyi tu palang pintu rel kereta,
    Nahh siap” gan ini langsung cra cepat biar bsa ketemu yg nama y tuhan,surga n neraka,pas kereta tu lwat u langsung tomprok j tabrak j lngsung tu kereta klau bisa u posisi kepala duluan gan biar otak u keliatan gan nti biar sama ky yg d blang einstein klau ga d belah atau di buka tu kepala ga keliatan kan tu klau msih punya otak/ga.

    Y bgtu jg sama klau u pengen lihat yg nama y tuhan,surga/neraka tu benar ada y harus jg pake ada cara y gan,kan segala y di dunia mau melakukan apa pun hrus ada cara y bgtu jg dengan cara pengen lihat tuhan,surga n neraka.

    Y semua terserah u gan,w hnya menyampaikan pa yg terjadi n w alami sendiri gan.
    Semua tu untuk kebaikan anda sendiri gan bukan buat saya.

  5. Dari 99 sifat Allah, hanya satu yg msh samar” di pikiran saya dan berkaitan dengan artikel di atas, yaitu mengenai definisi Maha Adil
    Pertanyaan saya, mengapa kita manusia terlahir dalam agama yg berbeda beda
    Contoh : A terlahir dri keluarga yg menganut agama kristen, otomatis nanti anaknya beragama kristen, B terlahir dri keluarga yg beragama islam, otomatis agamanya islam
    Dri sana muncul pertanyaan saya, dimana letak adil Tuhan ketika hanya agama yg benar saja yg akan masuk surga,sdngkan agama yg tidak benar akan masuk neraka dan semua amal baiknya tidak diterima, bknkah kita sebagai manusia tidak bisa memilih siapa orang tua kita, apa agama kita sbelum lahir ? Semua itu kan sudah di atur oleh Tuhan, jdi sama saja Tuhan sudah mengatur si A untuk msuk neraka dan si B untuk masuk surga, apakah itu merupakan suatu ketidakadilan
    Terima kasih sebelumnya

    • Saudara radhit pertanyaan anda sama seperti pertanyaan saya ketika kecil. Tapi ternyata setelah saya membaca al quran (QS yunus : 99) yg berbunyi : “Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?”
      Saya sangat takjub. Allah sudah mengetahui suatu saat kita akan bertanya seperti ini. Semakin saya baca dari awal al quran tsb, semakin saya takjub, banyak pertanyaan saya selama ini ada disana, dan saya berfikir tidak mungkin yg mengarangnya ini manusia.
      Islam itu sangat simpel. Ketika kita tidak mengetahui babi itu haram maka kita tidak berdosa ketika memakannya. Ketika kita tidak tahu tata cara sholat, maka kita tidak berdosa ketika tidak sholat. Lain cerita jika kita sudah mengetahui dan beriman (percaya). Masalah kita masuk surga atau neraka, itu hanya rahasia Allah semata. Atau bisa jadi manusia2 yg terlahir di keluarga pedalaman di gunung sana yg sangat terbelakang dan tidak mengetahui agama tidak masuk surga juga tidak masuk neraka. Ketika manusia tersebut mati, tidak sulit bukan bagi Allah untuk menghilangkan ruhnya seperti sebelum ia dilahirkan. Itu yg disebut maha adil.

    • Dan Allah yg maha adil memerintahkan kita untuk terus mencari kebenaran. Jika kita terlahir di agama yg salah tapi kita tidak berusaha untuk mencari kebenaran/agama yg benar bisa jadi kita tidak masuk surga. Dan belum tentu orang yg terlahir di agama yg benar dan taat beribadah karena didikan keluarga lebih diterima di surga dibanding orang yg mencari kebenaran lalu bertaubat kemudian meninggal. Kita hidup di dunia ini untuk diuji. Tidaklah bisa orang yg terlahir miskin teruji jika tidak ada orang yg terlahir kaya, begitu pula sebaliknya. Tidaklah bisa org yg baik teruji jika tidak ada orang2 jahat. Jika semua orang terlahir sama, lalu bagaimana kita mendapat ujian? Allah maha adil, adilnya bagaimana itu diluar kemampuan kita untuk mengetahui, karena Allah jugalah yg maha mengetahui.

    • nenek moyang kita 1400 tahun yang lalu juga sudah memperdebatkan tauhid. hasilnya ada yang menerima, ada yang menyangkal karena sifat (sombong) kemudian berkelompok2 karena sifat (sombong) yang mengira lebih baik dari kelompok yang lainnya.
      yang menerima pun menjadi beberapa golongan karena sifat yang sama (Sombong). 0rang2 yang terlibat dimasa itu bertanggung jawab atas apa yang terjadi sekarang, nenek moyang bertanggung jawab atas keturunan nya, bapak dan ibu bertanggung jawab atas anak2ny. dan yang sekarang kita bertanggung jawab atas anak cucu kita yang akan datang.
      jadi, baik2 lah kita menjalani hidup kita. jauhkan sifat (sombong) yang Naudzubillah berpotensi ditiru anak2 cucu kita. upayakan agar anak cucu kita terus terlahir dari rahim yang baik2, terlahir di lingkungan yang di jauhkan dari kata (sombong).

      apakah cukup membantu?

      sifat Sombong adalah Sifatnya iblis yang di turunkan kepada anak cucunya (syaithon). dan iblis bertanggung jawab atas kutukan terhadap anak cucunya.

      adil kan?

      dan yang terlahir di lingkungan yang berbeda seperti agama yang berbeda, Allah juga memberi kesempatan kepada beberapa dari mereka yang telah Allah pilih berupa “hidayah”. jika Allah berkehendak siapa saja yang Allah mau akan Allah beri hidayah kepadanya. tapi faktanya
      sebagian besar yang mendapat hidayah bermula dari pertanyaan di dalam hati mereka (apakah agama ini? atau siapa saya? saya ngapain di dunia ini? dan banyak model pertanyaan yang mengarah pada kepedulian diriny), kemudian dilanjutkan dengan perjuangannya.
      yang tidak perduli tentu menghambat hidayah tersebut. atau yang hidup terbiasa bermewahan, biasa bersenang2 justru menolak mentah2 karena penuh aturan. dan banyak juga hidayah yang berhenti pada lingkungan yang mempengaruhi, pemikiran seseorang misal keluarga, tokoh agama. namun banyak juga yang berhasil menerobos penghalang2 dengan bantuan Allah karena dia selalu bergumam (doa) “berilah petunjukMu” dan dia bersabar sampai dia di hantarkan pada ayat2 kitab suci. padahal nenek moyang ny dahulu menolak.
      mengapa harus berjuang? karena nenek moyang dulu yang menyampaikan ayat2 juga berjuang di tengah ancaman2 para penolak nya.

      Islam artinya berserah diri kepada Allah

      dan muslim memohon perlindungan dari syaithon yang selalu membisikkan kesombongan dan memupuk rasa bangga agar manusia saling bermusuhan.

      muslim mengatakan “aku berlindung kepada Allah dari godaan Syaiton yang terkutuk”
      bukan mengatakan “aku orang yang tidak sombong”

      muslim memohon dan menyerahkan diri kepada Allah “agar di tempatkan di golongan orang2 yang di beri petunjuk dan memohon di jauhkan dari di golongkan orang2 yang sesat dan di murkai”
      bukan mengatakan “aku berada digolongan yang benar”

      “muslim memohon dan berserah diri untuk di beri ilmu yang bermanfaat dan memohon agar di jauhkan dari ilmu yang tidak bermanfaat dan ilmu yang menyesatkan” bukan mengatakan “aku memahami ilmu”

      “muslim memohon di beri rizky, dan memohon di jauhkan dari sifat kikir (pelit) serta memohon di beri kemudahan dalam bersyukur” bukan mengatakan “ini hasil jerih payah keringat saya”.

      “muslim melaksanakan Syukur (terima kasih) dengan Menunduk kan hati, dan bersujud sebagai simbol tidak menantang”

      “muslim mengingatkan hal ini kepada saudara2 ny dengan cara yang sederhana dan di momen yang sebaik2nya”

      semoga ini momen yang pas saudara

      berserah diri kepada Allah karna kemampuan kita terbatas, dan waktu kita terbatas. .
      berpandangan jauh ke masa depan, pandangan yang jauh se-jauh2nya (akhirat).
      berwawasan luas se-luas2nya tetapi tetap mawas diri/introspeksi se-dalam2nya (hati, tutur kata dan prilaku)

    • Mas radit tuhan menciptakan otak untuk mencarinya ,ada yang namanya titik syaraf di otak bekerja untuk membayangkan tuhan itu seperti apa dengan logika manusia yaitu di sebut God Spot . Manusia semua bisa menggunakan God Spot nya itulah mengapa kita punya rasa penasaran terhadap tuhan .

      Ada 1 agama yang paling benar di semesta ini yaitu islam , Al quran adalah kunci jawabanya ,jika masih ragu coba anda berkelana dengan agama lain coba bandingkan mana yang paling logis

      Jika seseorang terlahir kafir dan tak pernah sama sekali mendengar mengetahui agama islam maka ia terbebas namun jika mengerti islam namun ia mendustakanya akan ada hukuman baginya

    • Konsep keadilan dalam islam yg saya pahami
      Kafir = orang yang menolak dan menyembunyikan kebenaran
      Iman = percaya dan menerima kebenaran
      Muslim = orang yang tunduk kepada tuhan
      Non muslim = orang yang tidak tunduk kepada tuhan

      Kafir kepada Allah = menolak kebenaran tuhan, baik existensinya maupun sifat2 dan perintahnya = masuk neraka

      Iman kepada Allah = Percaya kepada tuhan dan menerima/melaksanakan perintahnya = masuk surga

      Untuk orang nonmuslim memang berat tapi bila menjadi muslim maka akan dihapus semua dosa2nya seperti bayi yg baru lahir

      Untuk non muslim, suku terasing, dan orang2 barbar, Allah menjamin tidak akan memberi azab sebelum mendatangkan pemberi peringatan, dan juga Allah tidak akan menghukum apa2 yang tidak kita ketahui..

      Dan Allah berjanji untukmu apa yg kamu usahakan, jadi baik muslim atau non muslim Allah akan memberikan ganjaran sesuai dengan usahanya masing2

      Sampai sini saya rasa cukup jelas keadilanNya

    • @radhit, Allah benar2 maha adil karena adilNYA hingga yg buat web ini pun jadi ateis.saudara, org yg trlahir sbg islam tdk mutlak mrk akn megenal agama dan Tuhannya dgn sebenar2nya sbab bnyak jg yg trlahir islam malah jd ateis atau murtad disebabkn dia hanya trlhr sbg muslim tnpa megethui ap it islam.semua org didunia in disadari atau tdk trlepas dia seorg muslim atau non muslim pnh berpkir megenai eksistensi Tuhan dan agama ( pedoman) mana yg bnar yg tlh diturunkan oleh Tuhan.inilah keadilan Tuhan, DIA mbrikan ilham kpd siapapun untk memkirkan smua it mskpn tdk bs dipungkiri ad sbgian bsar mnusia yg tdk pduli dgn ilham trsbut dan bhkn bnyak yg justru smkn sesat dgn petnjuk trsbt.sy pribadi pum sat SMP hga SMA pnh melalui fase in krn sy trlhir sbg muslim dan srg bertanya2 ap bukti keberadaan Tuhan dan kalau memg ad lalu agama ap yg bnar sbab bgt bngaknya agama dan kbetulan sy bsar di lingkugan perumahaan yg bnyak ragam agama. hal it membuat sy stress dlm wktu yg ckup lama.ALHAMDULILLAH, sy bs menemukan jawaban megenai Tuhan dan alam semesta in dan beragsur2 megenai mana agama yg bnar pun sy tmukan, tentu sja it butuh kejujuran dr hati dan doa yg snantiasa dipanjatkn agr ditunjukan mana jalan yg bnar.

    • haha …lucu pertanyaan kamu..nih gw kasih tau..orang masuk surga bukan karena iman islam ..atau pas di dunia berperilaku baik…tapi orang masuk surga karena seijin Alloh…rahmat dari Alloh…dan Alloh tau mana yg pantes masuk surga mana yang engga..gak pernah salah..tapi cara paling baik agar masuk surga adalah islam

    • Bukankah itu udah sangat adil banget bro?
      Semua itu buat keseimbangan. , kalo Tuhan mentakdirkan manusia baik semua ,buat apa ada neraka? Buat apa ada iblis?
      saya terlahir seorang muslim, tp saya meyakini agama islam bukan karna keluarga, tp saya mencari tau sendiri kebenaran Tuhan yg maha adil,
      Cara cari tau Tuhan itu adil , n bener2 ada yaitu dengan cara mengkaji diri kita sendiri gan., kita tanya sama diri kita,apakah selama hidup kita ,kita udah jdi hamba yg baik? Apa perlakuan kita bener2 taat sama Tuhan kita? Apakah kita yakin kalo kita gak berbuat zalim sama ortu kita?. Itu semua menjadi dasar perkenalan diri n pendekatan diri kita sama Tuhan. Sekarang saya tanya sama anda, kalo surga n neraka gak pernah tuhan ciptakan n kabarkan, apa kita masih mau menyembah Tuhan semesta alam?
      Apa sih tujuan hidup kita di ciptakan?
      Tuhan menciptakn manusia untuk kembali kepadanya, surga n neraka hanya point plus dari tuhan, karna ketika kita berhadapan dengan Tuhan, kita akan lupa sama surga ,krna kenikamtan tiada tara adalah bisa melihat wajah Tuhan kita.
      Sekian semoga bermanfaat

    • @radhit, Allah benar2 maha adil karena adilNYA hingga yg buat web ini pun jadi ateis.saudara, org yg trlahir sbg islam tdk mutlak mrk akn megenal agama dan Tuhannya dgn sebenar2nya sbab bnyak jg yg trlahir islam malah jd ateis atau murtad disebabkn dia hanya trlhr sbg muslim tnpa megethui ap it islam.semua org didunia in disadari atau tdk trlepas dia seorg muslim atau non muslim pnh berpkir megenai eksistensi Tuhan dan agama ( pedoman) mana yg bnar yg tlh diturunkan oleh Tuhan.inilah keadilan Tuhan, DIA mbrikan ilham kpd siapapun untk memkirkan smua it mskpn tdk bs dipungkiri ad sbgian bsar mnusia yg tdk pduli dgn ilham trsbut dan bhkn bnyak yg justru smkn sesat dgn petnjuk trsbt.sy pribadi pum sat SMP hga SMA pnh melalui fase in krn sy trlhir sbg muslim dan srg bertanya2 ap bukti keberadaan Tuhan dan kalau memg ad lalu agama ap yg bnar sbab bgt bngaknya agama dan kbetulan sy bsar di lingkugan perumahaan yg bnyak ragam agama. hal it membuat sy stress dlm wktu yg ckup lama.ALHAMDULILLAH, sy bs menemukan jawaban megenai Tuhan dan alam semesta in dan beragsur2 megenai mana agama yg bnar pun sy tmukan, tentu sja it butuh kejujuran dr hati dan doa yg snantiasa dipanjatkn agr ditunjukan mana jalan yg bnar.

      • Ada tidaknya Tuhan bisa kita ketahui setelah kematian, Hanya 2 pilihan yang hasilnya secara logika menguntungkan manusia yang percaya dengan adanya Allah, kenapa menguntungkan
        karna pada saat kita mati, dan ternyata Tuhan tidak ada ada, maka kita sama sama tidak dapat
        apa-apa, tapi kalau ternyata tuhan itu ada, maka kita dua-duanya dapat balasan dari tuhan, yang jelas balasan untuk yang atheis pasti lebih buruk dari pada yang percata dengan tuhan.

  6. Perkenalkan saya Rian,saya terlahir dari keluarga yang multiagama,ayah saya seorang Khatolik yang taat yg menekankan kedaulatan Tuhan personal dan ibu saya seorang Budhis yang menentang konsep mengenai Tuhan Personal bagi ibu saya dalam konsep Budhisme yg diyakininya (Theravada) bahwa tidak ada Tuhan berpribadi yg menghukum atau mengatur kehidupan manusia yg ada hanyalah hukum sebab dan akibat yg diciptakan oleh manusia sendiri (karma) intinya segala sesuatu yg diperbuat manusia dirinya sendiri yg bertanggung jawab,tidak ada Tuhan yg menghukum atau memberi pahala yg ada hanyalah karma. Sampai disini saya masih belum mau mengikuti salah satu agama baik ayah maupun ibu,sampai usia 21 tahun saya masih mencari apakah ada agama yg benar2 bisa aku cerna ternyata sampai aku masuk Nanyang University Singapore belum juga menemukan pegangan hidup yang konon katanya bisa membawa kedamaian,di Singapore selang setahun segala agama telah aku masuki dan aku pelajari inti ajarannya mulai dari Islam (Sunni sampai Ahmadiyah),Kristen Protestan (berbagai denominasi mulai dari Injili sampai Karismatik,mulai dari cara ibadah yg tenang sampai yg jingkrak2 mirip di diskotik),Khatolik Roma,Kristen Orthodox Timur (baik yg Chalsedon maunpun bukan),Buddha ( Mazhab Mahayana,Theravada,Vajryana,Maiterya,NSI dll),Hindu (baik Hindu Dharma Bali maupun gerakan Hare Khrisna) Sikh,Khong Hu Cu. Dan tahukah anda semakin saya mempelajari semua agama semakin saya berani mengambil hipotesa bahwa Agama adalah hasil dari kebudayaan yang berevolusi lalu melembaga dan terstruktur, agama muncul dari rasa takut manusia dan dari rasa bingung akan alam semesta. Pada satu titik saya bahagia menjadi seorang Atheis (Atheis bukan berarti tidak bermoral) .

    • Materi atas benda akan selalu berkembang seiring budaya dan kemampuan manusia tp ada hal yg tidak bisa dijadikan sbg materi hsl budaya manusia,Prnahkan berpikir ketika kita bangun dan melihat serta menyentuh materi hsl olah otak budaya manusia tidak mampu menjadikan kita tau dan yakin bahwa kita setelah tidur akan tetap bisa merasakan materi itu atau mungkin setelah tidur kita tdk lagi bisa merasakan materi hsl budaya manusia krn sudah tdk mampu lagi otak berpikir dan beranalisa krn sdh diam tdk beroperasi,saya msh yakin akan menemukan yg aq yakini selain hidup di dunia dan setelah tidak hidup di dunia

    • Kebanyakan gan…ibarat ente gelas…dikasih aer se embet…gag ada yg nyangkut…yg ada gelas na yg tenggelem…
      Belajar sedikit2…ente minum…abis….ambil lg di ember….minum lagi…abis lagi…ambil lagi..

  7. makanya jangan berpikir bahwa tuhan itu sebuah sosok atau oknum…ya gak akan ada selesainya berdebat krn saling mempertahankan pendapatnya. Coba ganti tanda kalimat tulisan “TUHAN” nya dengan tulisan “ALLAH”, tentu akan berbeda. klu kang momod mau mengupas tentang makna “TUHAN” seperti tulisan diatas cari dengan ilmu tanda (semiotika), nanti akan tau apa itu “TUHAN” apa itu “ALLAH”.

    • Sama saja.

      Mau all*h, mau Yesus, mau Yahweh, mau Bongkibong

      Selama entitas tersebut mengaku maha-kasih, maha-kuasa dan maha-tahu, tetap bisa didebunk menggunakan Logika Epicurus.

      • Coba pelajari al quran, trus pake logika epicurus.. Saya rasa logis, gk ada yg janggal.. Klo mau memahami suatu agama pelajari sumbernya (kitab sucinya), jangan penganutnya..

      • “Kalau Tuhan sanggup tetapi tidak mau menghilangkan penderitaan manusia, maka dia jahat.

        (Bukan jahat…tapi ujian…itulah knapa di adakan surga n neraka…)

        Kalau Tuhan mau tetapi tidak sanggup menghilangkan penderitaan, maka dia tak maha kuasa.

        (Ini hanya sifat manusia yg baik…tp tak punya daya…)

        Kalau Tuhan sanggup dan mau menghilangkan penderitaan, maka penderitaan tidak seharusnya ada.

        (Untuk apa diciptakan manusia)

        Kalau Tuhan tidak mau dan tidak sanggup menghilangkan penderitaan, kenapa disebut Tuhan?”

        (Ini cuman ada di manusia…. sifat pengecut dan pemalas…)

        Ah…sudahlah..logika epicurus…hanya sebatas logika…orang pintar yg bodoh…

  8. Tuhan itu lebih Dari maha ada, karena dengan adanya yang tidak bisa di adakan manusia, berati tuhan yng mengadakannya,Orang tidak akan bisa bikin bulan,bintang, mata hari,Chipset secanggih apa yng bisa memutar bumi?Cipset bagai mna yang bisa membuat bulan,Tolong di jawab, Jin, Jin kalo dipanggil pasti bakalan datang dan bisa kelihatan kita tidak sedang berhalusinasi tapi itu di depan mata kita jelas2 kelihatan dan memang tuhanlah yang bikin itu semua,listrik, tidak kelihatan, tapi bisa menghidupkan TV or computer? dari mna asalnya kenapa TV bisa hidup dengan Gabungan IC dan transistor akhirnya TV bisa hidup Lalu dari mna asalnya TRansistor Ilmu Hipnotis, Dengan cara mempengaruhi Orang lain akhirnya orng itu bisa lupa akan dirinya, Tapi Tidak seampuh Ilmu Gendam…. Percaya Ga? Ga percaya Coba anda buktikan dengan cara tidak berniat berhalusinasi, tapi tetap kejadian itu bakalan terjadi… apa mau saya buktikan Muka kamu berubah seperti Muka Kambing? seumur hidup, dengan durasi waktu hanya 10menit… kenapa kalian tidak percaya pada sang pencipta? kalian itu tidak ada apa apanya… kalian dan saya itu semuanaya Batil kalian dan saya itu semuanya hnya yang masuk masuk akal saja, sedangkan sang maha pencipta menciptakan itu hak dia mau kamu hancur, mau kamu mati, itu hak dia, sperti contoh… kecanggihan dunia yang seperti sekarang ini begitu canggihnya Sehingga sampai manusia bisa membuat kapal tanpa awak buatan Ameriaka, berapa biayanya? Coba ameria di suruh bikin alam dunia baru selain dari alam dunia ini, dan jangan menggunakan pasilitas yang sudah di ciptakan tuhan Coba dari bahan apakah dunia ini menurut kita manusia di bikinya alam dunia ini kenapa bisa terjadi ada kehidupan pertumbuhan ,Jangan di fikirin tapi Coba di praktekan jangan Cuma bkin Aen Dome saja, kita hanya bisa memanfaatkan yang sudah tuhn Buat, Kita tidak Level Untuk tahu Tuhan Allah, karena kita Ciptaannya… Tolong pikirkan dengan fikiran fositip bagai mna caranya supaya bisa hidup di matahari, Ia Tapi Tuhan bisa bikin matahari, dan Bandingkan panasnya dengan panas Api yang ada di dunia, kalo memang kalian itu peneliti alam semesta dan kalian coba mempersamakan diri dengan Tuhan…. Lah… Payah kalian…. Tolong tanyakan pda Ustad, Bagai mna cranya Agar tuhan itu bisa kelihatan…..tapi kalian harus langsung pada Ustad jngan melaui posting seperi ini…… agar bisa lebih mntap

  9. Seseorang bila dilahirkan di keluarga pencuri dan menjadi pencuri karena tidak tahu bahwa mencuri itu salah dan masuk neraka karena perbuatannya, adilkah tuhan ? Saya rasa itu perumpamaan bahwa tuhan tidak Maha-adil. Teori agama samawi sungguh aneh menurutku

    *abrahamis

    • @ernest it ajaran agama mana ?
      “Sesungguhnya Allah memaafkan umatku karena (apa yang mereka lakukan) tanpa ada kesengajaan, lupa dan apa yang mereka dipaksa untuk melakukannya.” [Hadits Hasan riwayat Ibnu Majah dan Al Baihaqi]

      “Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.”(QS. Al Ahzab: 5)

      Dan msh bnyak lagi ayat lainnya. Dalam islam seseorg akan dhukum apbla tlah smpi pegetahuan pdanya lalu ia melaggarnya.

  10. bertobatlah, aku pernah tidak percaya Tuhan sepertimu dan selalu mengutamakan logikaku karena jika Tuhan bisa dilogika maka Dia bukan Tuhan karena Tuhan itu ajaib. ketika kamu benar-benar mengaku akan dosamu dan meminta Tuhan hadir dalam hidupmu, pandanganmu akan berubah.. terimalah Tuhan agar selamat hidupmu.Tuhan memberkati.

  11. bukti Tuhan ada, salah satu jawabannya ada pada diri manusia sendiri..

    contoh saja bila seorang arkeolog sedang meneliti kota kuno yang hilang, kemudian dia menemukan susunan sisa sisa bangunan kuno yang masih tertata, dilengkapi dengan sistem pengairan berupa saluran air kuno.

    Arkeolog tdi menyimpulkan “pasti ada yang membuat peradaban kuno itu!”

    Sistem dalam tubuh manusia adalah yang paling sempurna. Didalam tubuh terdapat keseimbangan sistem yang membuat manusia bisa sehat dan beraktifitas. Terdapat distribusi darah,air, udara, makanan yang sempurna. Jika terjadi ketidak seimbangan tubuh maka manusia akan menderita sakit.

    seandainya ada anak kecil bertanya kpd seorang ilmuwan, siapa yang menciptakan manusia??

    ilmuwan tadi menjawab “tidak ada yang membuatnya!” , atau “tercipta dengan sendirinya!”

    lantas patutkah arkeolog yang menemukan sisa bangunan kuno yang hilang itu meyimpulkan

    “pasti bangunan itu tercipta dengan sendirinya!!” atau “pasti kebetulan saja”

    saya akan bilang Arkeolognya “malas berpikir & ngawur!!”

    “Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun (Pencipta) ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?” (QS Ath Thur: 35)

    http://alqurannews.blogspot.com/2015/07/apa-buktinya-jika-allah-itu-ada.html

  12. ketikaseorang ateis di hadapkan pada pertanyaan buntu maka ia akan menjawab bahwa itu keberuntungan…….

    ateis berpedoman pada fakta….
    fakta apa yang kalian tahu tentang kebruntungan dan kesialan..
    sesuatu yang di luar prediksi…..

    kalo saya sebagai umat islam kan menjawab itu kehendak tuhan …….
    karena keberuntungan dan kesialan adalah balasan dari apa yang kita perbuat……

  13. Saya pikir banyak sobat yang Atheis sibuk MEMBUKTIKAN keberadaan Tuhan, dengan cara memperlakukan-Nya sebagai benda mati..! yang harus diteliti dengan metode ilmiah. Padahal Tuhan Maha Hidup dan Maha BERKEHENDAK?

    Kalau Dia mau, ya Dia akan ‘menampakkan’ Diri, dan kita menyebutnya ‘terbukti’. Tapi kalau Dia tidak mau, dan lantas ‘tidak menampakkan’ Diri, orang ateis menyebutnya sebagai ‘tidak terbukti’.

    Secara logika tidak mungkin Tuhan menampakkan diri dan menyebutnya ‘terbukti’. Karena Tuhan memiliki dzat, sifat dan perbuatan yang mutlak (absolute) tidak dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Menampakkan diri atau secara materi terbukti adalah sifat relative yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Secara logika yang relative terhubung dengan yang absolute maka yang relative akan melebur kedalam absolute.

    Apabila Tuhan yang absolute dimaknai dengan metode berpikir relative maka yang sering terjadi adalah memaknai Tuhan secara antropomorfis, maka timbul kesalahpamaham bahkan ekstrimnya menjadi atheis

    Diskusi panjang dalam artikel blog ini sudah membuktikan bahwa manusia dengan memiliki konsep kebenaran yang berbeda-beda (relative). Perbedaan pendapat ini bisa menjurus kepada pertentangan bahkan peperangan. Seperti terbukti dalam sejarah. Manusia relative dalam memahami kebenaran juga bersifat relative. Karena itu membutuhkan pedoman (manual book) dengan kebenaran mutlak langsung dari Sang Pencipta, yang bisa berpikir secara holistik.
    Logikanya Profesor yang menciptakan robot, maka yang paling mengetahui seluk beluk robot dan kehidupannya adalah Profesor tersebut, bukan robot itu sendiri.

    Tuhan absolute dan manusia relative. Malaikat diciptakan sebagai bentuk mekanisme menghubungkan antara yg absolute dan relative. Nabi, Rasul diangkat untuk menyampaikan kebenaran sesuai bahasa kaumnya. Kebenaran-kebenaran tersebut terkodifikasi dalam sebuah kitab suci dan jejak sejarah yang valid.

    Kita bisa menyebut Tuhan dengan berbagai nama, seperti The Universe, Hyang Widi, Dewa. Namun logikanya nama yang benar harus diberikan oleh Tuhan sendiri. Tuhan menyebut bahwa nama yang benar untuk Tuhan adalah Allah. Secara linguistic semua nama selain Allah bisa dimainkan. Misalnya kata bahasa Inggris God jika ditambahkan “s” menjadi God’s (Tuhan-Tuhan). Namun tidak ada bentuk jamak dari Allah. Dialah Tuhan yang Maha Esa. Jika kita menambahkan “dess” pada kata God menjadi Goddess (Tuhan Perempuan). Namun Tuhan dengan nama Allah bukan laki-laki atau perempuan. Tuhan tidak punya jenis kelamin. Jika kita menambahkan “father “ pada kata God menjadi God Father. Namun Tuhan dengan nama Allah bukan Tuhan Bapak atau Tuhan Anak. Dia adalah Tuhan yang Esa, tidak beranak dan tidak diperanakkan. Kata Allah ini ada dalam semua agama besar dunia, Islam, Nasrani, Yahudi, Hindu. Eli dalam bahasa Ibrani bila diterjemahkan dalam bahasa Arab menjadi Allah. Dalam kamus bahasa Ibrani, Eli dibaca Allah. Dalam kitab hindu, Wedha ada Upanishad dengan nama Alloh Upanishad.

    Manusia diciptakan karena cintanya Allah. Manusia diciptakan untuk Allah cintai karena itu Allah ciptakan manusia sebagai karya terbaik diantara semua makhluk yang ada (hewan, tumbuhan, malaikat, jin dsb. Allah menghargai manusia sebagai pribadi utuh (bukan robot) karena itu dianugerahkan kepada manusia kesadaran dan pilihan bebas (free choice). Kehendak dan kuasa Allah terhadap manusia untuk perbuatan baik dan buruk berada pada pilihan manusia sendiri. Nasib, kaya, miskin, pandai, bodoh adalah tanggungjawab pada manusia sendiri.

    Surga dan neraka sudah ada dalam jiwa manusia saat ini di dunia. Manusia berbuat baik bisa merasakan surga dalam jiwanya saat di dunia ini. Sebaliknya manusia berbuat buruk juga bisa merasakan neraka dalam jiwanya saat di dunia ini.

    Teori Einsteinian yang mempersepsi alam semesta hanya sebagai ruangan ‘alam dunia’ berdimensi tiga akan digeser oleh teori String. Teori Einsteinian telah terpatahkan di kasus Black-hole, juga terpatahkan di kasus pergerakan zat-zat yang terdapat dalam atom yang bersifat real time walaupun menempuh jarak jutaan tahun, dimana teori gravitasi Einsteinian tidak mampu menjelaskan adanya gaya gravitasi dalam skala kuantum. Sebuah fenomena yang justru bisa dijelaskan dengan cukup baik oleh teori string. Di gravitasi tingkat kuantum yang dijelaskan oleh teori string itulah justru terdapat kunci pemahaman atas adanya alam berdimensi tinggi. Diperkirakan alam semesta atau alam dunia ini memiliki lubang-lubang hitam yang menjadi pintu masuk ke alam berdimensi lebih tinggi.

    Tingkatan dimensi ini bisa dijelaskan secara sederhana seperti ini. Garis adalah dimensi satu. Kumpulan garis dalam jumlah yang banyak membentuk Bidang berdimensi dua. Kumpulan bidang dalam jumlah yang banyak membentuk Kotak berdimensi tiga. Terus-menerus dimensi itu akan meningkat menjadi berdimensi empat, dimensi lima, dimensi enam, dimensi tujuh dan seterusnya.

    Bila dalam bidang berdimensi dua itu ada noda hitam. Kumpulan bidang dalam jumlah yang banyak membentuk Kotak berdimensi tiga. Noda hitam dalam bidang berdimensi dua tersebut akan membentuk noda hitam tiga dimensi. Karena itu nanti di akhirat alam yang berdimensi lebih tinggi, rasa surga dan rasa neraka itu terwujud dalam dimensi yang lebih tinggi, dan lebih nyata.

  14. Adakah manusia pertama di dunia ini? Jika Ada maka siapakah yang meng”ada”kannya? Jika tidak ada manusia pertama, maka bagaimanakah kita menjadi “ada” saat ini?

  15. sebenernya seorang Atheis itu secara gk sengaja sudah mengucapkan 2 kalimat syahadat di awal. tinggal melanjutkan saja 🙂

    Tidak ada Tuhan ….Selain ALLAH, dan MUHAMMAD Utusan ALLAH

  16. lebih baik Mencari kebenaran tuhan..dari pada Menolak keberadaan tuhan itu sendiri…
    Mencari keberadaan Tuhan tidak salah,yg salah apabilah kita sebagai manusia mempertanyakan Siapa yg Menciptakan Tuhan..Nah,jika ada org yg belum yakin mengenai siapa pencipta Tuhan,berarti org tersebut sama halnya mempertanyakan Warna Merah itu Baunya seperti apa sih??…
    inGAtttt….sejenius apapun otak Manusia dalam mencari kebenaran TUHAN dan dan memprtanyakan keberadaan TUhan,itu mempunyai Kelemahan di Dalamnya..Bukankah semua manusia itu tdk luput dari kesalahan
    Bukankah ALQURAN Mnjelaskan dan Menceritakan tentang Siapa sebenarnya TUHAN…
    Jika ada Orang yg masih mempertanyakan atau tdk Meyakini adanya Tuhan,dan sudah di Hadapkan dgn berbagai jawaban ilmiah Maupun dalam ALQURAN,dan org trsebut masih belum Percaya…Saya akan memberikan satu contoh,yaitu..Orang yg durhaka kepada ke2 org tuanya Pasti dia akan mendapat Balasan…Nah,kata balasan yg saya Maksud saya Contohkan kepada Seorng Gadis yg Durhaka kepada kedua org tuanya,Gadis ini selalu Melawan dan Membentak org Tuanya..Sampai pd ahirnya Gadis ini Mendapat Balasan,yaitu ia berubah atau di kutuk mnjadi seperti seekor Mahluk yg menyerupai Singa..Nah dari Contoh di atas,,Kita dpt menarik Kesimpulan Bahwa,siapa yg telah mengutuk anak tersebut ?..Tentunya kita tdk mengatakan Gadis itu berubah dgn sendirinya….BETUL TIDAK?…Bukankah dalam Alquran di jelaskan bahwa org yg durhaka kepada ke2 org tuanya akan mendapatkan Balasan …Nah dari Pernyataan trsebut dapat di simpulkan bahwa yg mengutuk Gadis itu adalah Tuhan,,,,JADi..Keberadaan Tuhan itu memang dan apabila masih ada org yg belum percaya akan keberadaan Tuhan Maka org trsebut Sudah tidak mempunyai pemikiran yg LoGiS….
    Mungki saja org tersebut kelewatan pintar dgn pemikiran Logikanya Tentang Tuhan,sampai2 ia tdk mempercayai adanya Tuhan dan Menganggap Tuhan itu hanya Mitos {NAUZUBILLAH}..Dan bukankah segala sesuatu yg berlebihan itu Berujung kpd hal2 yg buruk…
    Jadi.. Kesimpulan saya..”Yakinlah bahwa tuhan itu ada,,Siapa yg menciptakan Semua yg ada di dunia ini Kalau bukan Tuhan..Saudara/i ku…Kita patutnya bersyukur trlahir di dunia ini sesudah Alquran di turunkan..Bukankah isi Alquran itu adalah perintah TUHAN…cobadeh kita Bayangkan bila kita Lahir di dunia tetapi Alquran Belum di turunkan..tentunya kita semua yg hidup jauh sebelum Alquran di turunkan,pasti tdk mengetahui apa apa saja yg di perintahkan TUHAN dan apa apa yg sangat di Murkahi TUHAN..
    jadi dgn adanya Alquran,Marih kita Jadikan pedoman Hidup agar selamat Dunia Akhirat…

  17. bolak balik baca dari atas sampe bawah

    tidak ada 1 pun BUKTI NYATA dan valid tentang keberadaan Tuhan atau ketiadaan Tuhan.

    jadi baik yang theis dan yang atheis, sama sama gak bisa buktikan nih.

    bingung jadinya.

  18. saya mengenal banyak atheis, rata-rata atheis yg saya kenal kebanyakan cerdas
    hanya saja, atheis yg membuat blog ini menurut saya termasuk bodoh ..kenapa bodoh, mari simak penjelasan saya..

    kalo diperhatikan dan disimpulkan apa yg menjadi artikel blog ini, sederhana aja intinya ..hanya mau berkata bahwa pembuat artikel ini tidak mengakui keberadaan tuhan hanya berdasarkan sifat tuhan yg bisa diperdebatkan, tolong digarisbawahi..hanya berdasarkan sifat saja

    oke, jika begitu permasalahannya coba pahami argumen saya

    semua binatang yg membuang kotorannya pasti tidak cebok sedangkan manusia pasti cebok

    jika tuhan tidak disebut tuhan karna sifatnya yg diperdebatkan, boleh dong saya bilang manusia yg tidak cebok dikatakan binatang ?

    faktanya apa? secerdas apapun argumen anda mendebat bahwa disebut bukan manusia karna tidak cebok tetap aja faktanya manusia ya tetap manusia ..gak bisa donk anda tidak mau mengakui manusia hanya karna tidak cebok ..inilah analogi dari artikel yg dibuat oleh penulis

    sekedar tambahan aja

    atheis yg membuat blog ini ingin sekali ada definisi yg jelas tentang tuhan supaya bisa membuktikan keberadaan tuhan..menurut saya ini jebakan, kenapa ? karna dengan mendefinisikan tuhan seperti apa maka atheis akan memperdebatkan dengan 1001 logika untuk mematahkan keberadaan tuhan.

    kalo gitu triknya, boleh donk saya balik ..Apa alasan yg PALING mendasar bahwa tuhan tidak diakui keberadaannya ? nanti akan ada 1001 logika yg gatel2 pengen mematahkan alasan anda para atheis tidak mengakui keberadaan tuhan ..

  19. saya mengenal banyak atheis, rata-rata atheis yg saya kenal kebanyakan cerdas
    hanya saja, atheis yg membuat blog ini menurut saya termasuk bodoh ..kenapa bodoh, mari simak penjelasan saya..

    kalo diperhatikan dan disimpulkan apa yg menjadi artikel blog ini, sederhana aja intinya ..hanya mau berkata bahwa pembuat artikel ini tidak mengakui keberadaan tuhan hanya berdasarkan sifat tuhan yg bisa diperdebatkan, tolong digarisbawahi..hanya berdasarkan sifat saja

    oke, jika begitu permasalahannya coba pahami argumen saya

    semua binatang yg membuang kotorannya pasti tidak cebok sedangkan manusia pasti cebok

    jika tuhan tidak disebut tuhan karna sifatnya yg diperdebatkan, boleh dong saya bilang manusia yg tidak cebok dikatakan binatang ?

    faktanya apa? secerdas apapun argumen anda mendebat bahwa disebut bukan manusia karna tidak cebok tetap aja faktanya manusia ya tetap manusia ..gak bisa donk anda tidak mau mengakui manusia hanya karna tidak cebok ..inilah analogi dari artikel yg dibuat oleh penulis

    sekedar tambahan aja

    atheis yg membuat blog ini ingin sekali ada definisi yg jelas tentang tuhan supaya bisa membuktikan keberadaan tuhan..menurut saya ini jebakan, kenapa ? karna dengan mendefinisikan tuhan seperti apa maka atheis akan memperdebatkan dengan 1001 logika untuk mematahkan keberadaan tuhan.

    kalo gitu triknya, boleh donk saya balik ..Apa alasan yg PALING mendasar bahwa tuhan tidak diakui keberadaannya ? nanti akan ada 1001 logika yg gatel2 pengen mematahkan alasan anda para atheis tidak mengakui keberadaan tuhan ..

    • “berdasarkan sifat tuhan yg bisa diperdebatkan”

      Jadi menurut anda tuhan itu tidak maha kuasa?
      Atau menurut anda tuhan itu tidak maha kasih?
      Atau menurut anda tuhan itu tidak maha adil?

      Sifat mana yang menurut anda bukanlah sifat tuhan?

      Silakan disebutkan agar lebih jelas.

    • Mba jika mbak ragu perbuatan tuhan, mbak cari tahu untuk apa mbak ada di dunia ini? Kalau mbak ragu akan tuhan berarti mbak ragu akan alam akhirat.
      Apakah kita hidup terus sesudah mati melenyap begitu saja?
      Jika ragu mbak lihat apakah ada seorang manusia yang bisa menciptakan lalat? Dalam akal saya lalat adalah ciptaan tuhan, jika memang tuhan tidak ada, tidak ada alasan manusia tidak sanggup ciptakan hanya lalat.

      • Yang Sha-Sha bilang adalah; TUHAN itu memang ada dengan bukti segala perbuatan dan FirmanNya….

        TAPI: Kalau “tuhan” (Bukan TUHAN) itu hanya dianggap ada, tanpa pernah terbukti perbuatan dan “firmannya”

  20. Seseorang bisa menjadi penganut atheisme dikarenakan:
    1. Semula Theis namun di dalam perjalanan hidupnya mengalami kekecewaan hebat kepada “Tuhan” nya , maka jadilah dia seorang atheis

    2. Terlahir di lingkungan atheis, sejak bayi tidak pernah mengenal ajaran agama
    3. Terpengaruh oleh pergaulan lingkungannya yang berteman dengan orang-orang atheis
    4. Ditindas oleh rezim otoriter, pemaksaan ini terlihat di negara-negara ber-ideologi komunisme

  21. Yang bisa tunjukin TUHAN Ada siapa??? Sini tak kasih duit??? Or yang bisa NGEPROOF setan itu ada mana???? Ga usah jadi MUNA lah, biasa2 aja, orang mati kemana aja ga tau, mank ente udah pada alamin mati??? Kan cuma “LHA KATANYA” Mana yang udah pernah buktiin mati terus hidup lagi??? Satu lagi pertanyaan saya, Kenapa Mujizat selalu ada pada Cerita, mana ada pernah mujizat situ alami sendiri (dalam arti yg ga masuk akal jangan sakit terus sembuh itu namanya nasib ente lagi bagus!) Mujizat yg ane maksud itu air jadi anggur, pasir jadi duit (sulap kali yee)

    • Apakah anda yakin kalo nasib itu cuma kebetulan? Bahkan kenapa kalo tuhan tidak ada nasib orang berbeda beda? Kalo menurut anda segala sesuatu tidak ada yang mengatur, apakah anda dapat mengatur diri anda sendiri ? Apakah semua benda benda disekeliling anda itu tiba tiba ada? pasti ada penciptaan. Hai manusia alam semesta ini terdiri dari bermilyar atau bahkan triliunan galaxy yang tiap tiap galaxy memiliki setidaknya 200rb- milyaran bintang/tata surya .dan salah satunya adalah galaxy bima sakti tempat tata surya kita berada. Masing masing dari bintang memiliki planet planet yang mengorbitinya, dan juga tiap tiap planet berotasi berputar begitupula bintang-galaxy berputar/berevolusi pada jalurnya. Apakah semua itu tidak ada sosok yang mengaturnya? Keberadaan berasal dari ketiadaan, berarti ketiadaan menuju keberadaan memerlukan proses penciptaan, siapa penciptanya? Kalo anda memang manusia yang memiliki akal pasti anda mengetahui jawabanya, kalau anda masih memiliki cita cita dan keinginan tinggalkan prasangka bahwa tuhan itu tidak ada, jika memang tuhan itu tidak ada, berarti anda tidak perlu berandai andai, anda bisa mendapatkanya dengan mudah karena tidak ada sosok yang mengatur.
      Sama halnya jika anda ditanya apakah akal itu ada? Mana buktinya?
      Bahkan manusia tidak pernah bisa menciptkan lalat, jika itu bukan ciptaan tuhan tidak ada alasan manusia tidak dapat menciptakanya.

    • Mas bro ini sebenarnya pinter tapi bodoh.
      bro bongkrek …..
      1. apa yakin bro dulu dilahirkan oleh ibumu sendiri, bukan kah bro dulu anak pungut? mana buktinya kalo bro dulu anak mami? mana…
      2. bro saya tuh belum pernah ke Amerika…. berarti amerika itu tidak ada
      bro…. jika engkau berfikir…. untuk mengetahui sesuatu itu tidak harus tau dengan mata kepala sendiri tapi cukup Yakin…. sebagaimana saya yakin dilahirkan oleh ibuku sendiri bukan ibu-ibu yang lainnya…, untuk mempercayai Amerika ada saya cukup percaya dengan pemberitaan…..saya tidak perlu datang kesana sendiri…..
      jika bro sudah punya rasa percaya maka mudah untuk mengetahui…..
      semoga bermanfaat

  22. menurut saya
    poin 1: tidak ada yang salah dengan penderitaan. kenapa harus dihilangkan?

    poin 2 (tidak percaya tuhan= mencuri ayam), kalau seseorang mencuri ayam, dia akan dihukum, adil.

    -kalau masalah kesempatan, saya belum bisa jawab dengan dengan lugas. kalau kepanjangan, biasa pada males baca. :v.

    • 1. Kalau begitu menurut anda, berarti anda nggak takut dong sama penderitaan Neraka?

      2. Bukan tidak percaya tuhan = pencuri Ayam.
      Melainkan Tidak percaya tuhan = tidak kenal hakim
      Percaya tuhan = kenal hakim

      Dan yang kenal sama hakimnya tidak dipenjara.
      Mana adil kalau begitu

      • Semua statement mu tidak membuktikan tuhan ada, anggap gw percaya yang menciptakan itu tuhan, nah sekarang buktikan tuhan itu ada.

  23. Sebelumnya saya mohon maaf klo komentar saya lebih condong kpd yang beragama.
    Pada dasarnya kita hidup bukan karena keinginan kita. Lahir dimana, orang tua kita siapa, zaman apa, dari keluarga kaya atau miskin, “tidak ada pilihan”. Seiring perjalanan waktu jadilah “kita” seperti sekarang saat ini. Saat inilah kita mulai “memilih” sendiri arah dan tujuan hidup kita. Terbentuklah tingkat kehidupan dari ‘ilmu’ dan ‘bakat’ kita masing2. Ada yang sesuai dengan impiannya (cita2), tapi lebih banyak juga yang tidak sesuai dgn keinginan (cita2)nya. Dalam keadaan inilah Tuhan ingin “dicari” kebaradaannya. Peng”AKU”an2 dari diri kita mulai dinilai. Ada yang diketuk melalui Jasmaninya ada yang diketuk melalui Rohaninya. Dari kecakapan Jasmani dan Rohani inilah kita semua di “uji”. Nah dari sinilah akan terjadi “perang” memperebutkan “yang Benar” dari ke “tidak Nyambungan” ini. Gak bakalan Nyambung……tapi dari perjalanan itu semua pada akhirnya Tuhan akan membuka tabir kita untuk menampakkan dirinya. Surga dan Neraka sudah disediakan tempatnya. Sekalipun kita beragama. Selama kita hanya memimpikan keinginan kita yang terwujud……penderitaanlah yang datang. Penuh penantian…Neraka tempatnya. Siksaan kah ? “ADIL”kah bila Tuhan menempatkan Ikan didarat? atau Manusia dilaut? Semua sesuai tempatnya. Neraka panas untuk manusia tapi bagaimana dengan matahari? apakah bahan matahari itu merasa panas? Nyatanya tetap bersinar tanpa ada yang protes. MAka dari itu teruslah berperang yang artinya Kiamat masih jauh…..tapi jika Damai yang terjadi….itu Nanti……di Akherat… Salam…

  24. Tidak semua yang sebenarnya ada itu perlu diperdebatkan, tetapi wajib dipercaya keberadaannya,
    misalnya :
    –udara yang tak terlihat, tak bisa di rasa, didengar tapi dikatakan ada.
    –suara yang dikatakan ada tapi tak dapat dirasa, dilihat, dikecap, disentuh dan hanya bisa di dengar.
    –Rasa manis, pahit,dsb hanya bisa dirasa pengecap, tak bisa dilihat,di dengar, disentuh.

    Hal tersebut tidak selalu dpat di buktikan dengan semua indera karena keterbatasan kemampuan masing masing indera tersebut sebagai alat pembuktian hal tersebut ada.
    Itu hanya semua jika indranya sehat, jika tidak sehat apa harus dikatakan tidak ada semua itu?

    Manusia bernafas dengan?
    murid : hidung
    Pakar : paru paru, oksigen,dll
    Agama : dengan izin tuhan.
    Atheis : ….. isi sendiri jika minat
    Kalau izin nya dah habis ya selesai.

    Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan”. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan ? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (Al-Quran Surah Fathir: 37)

    Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam- tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik- permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan- akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir. (Al-Quran Surah Yunus: 24)

    Pencuri ayam tetap akan dihukum karena kesalahannya terkecuali dimaafkan pemiliknya, karena itu urusan sesama manusia, sama halnya dengan peradilan manusia, jika dimaafkan akan ditangguhkan, dalam hukum agama jika manusia yang teraniaya sudah memaafkan maka akan diampuni, tidak dilanjutkan ke proses selanjutnya.
    Sedikit beda dengan membunuh karena membunuh adalah dosa besar, selain urusan dengan manusia, juga urusan dengan pencipta.

    Ajaran Agama pasti benar dan yang tidak benar bukan berasal dari agama (pengeditan ajaran dikarenakan kepentingan/keperluan/permintaan, tidak termasuk dan penerapan agama belum tentu selaras dengan ajaran, dikarenakan adanya hawa nafsu dalam menjalankan ibadah sesuai ajaran agama

    Curi ayam dan membunuh, itu beda konsep,
    Curimayam, kesalahan dosa, yang lebihnditekankan urusan sesama manusia, kalo membunuh adalah urusan kepada pencipta yang maha kuasa.
    konsep “seseorang yang percaya tuhan dan meyakini akan tetap masuk surga, walaupun dia membunuh orang.
    sedangkan orang lain yang tidak percaya tuhan, dia masuk neraka, walaupun dia juga membunuh orang”
    Keduanya tetap aja masuk neraka,,, walau beriman kalau kasus di atas tetap saja mampir dulu, jangan kan membunuh, tidak sholat sekali aja tetap mampir ke neraka, setelah itu dia di masukkan surga jika mungkin kadar dosanya sudah cukup setimpal dan dia punya modal beriman walau sedikit, terkecuali dia bertaubat, baik yang emng beriman tapi khilaf maupun yang tak beriman akhirnya beriman, di batasi dengan pintu taubat.

    Dan biasanya orang yang terus mencari siapa tuhannya tapi bukan mengingkari dengan semua dalih alasan, orang yang seperti ini jika sudah menemukan tuhannya, apapun agama yang kelak dipilihnya, dia akan yakin hingga mati, kecuali ada hal-hal yang akhirnya meragukannya dari kitab atau seruan tuhan, karena tuhan pasti selaras dengan akal karena tuhan yang menciptakan akal tersebut. Dan tuhan adalah sebaik-baik pencipta.

    Jika megingkari terus maka akan jauh lah dengan penemuan tuhan karena apa yang di harapkan tetap akan dikabulkan tuhan dengan caraNya yang unik, baik buruk maupun jahat,
    Kenapa ulama sering cepat meninggal daripada penjahat? Klo muslim berkata karena Allah lebih menyayanginya, itu tak salah, tapi kalau pakai logika, itu karena dikabulkannya dua doa yang berlawanan. Ulama mendoakan penjahat berumur panjang agar bisa sempat bertaubat, dan dikabulkanlah akhirnya penjahat panjang panjang umurnya.
    Sedangkan penjahat mendoakan kebalikan agar ulama cepat mati karena dinilai mengganggu, resek, munafik, dll, dan dikabulkan, akhirnya lebih cepat mati,

    Ajal, rezeki, takdir, dan surga neraka, jangan diperdebatkan, karena itu urusan Allah maha kuasa, kalau mau mencari tuhan, bagaimana tuhan, definisintuhan, setahu saya tak pernah ada tuhan melarang mengenalinya, seperti nabi ibrahim, agan tau dan percaya kisah ibrahim karena fakta atau karena kisah bohong, terserah pribadi masing-masing

    Seharusnya semua orang memiliki kesempatan yang sama besar untuk mengenal agama yang benar, kalau memang ada.
    Memang Kesempatan semua sama, tapi kebanyakan kesempatan tersebut sama besar dengan alasan mengingkarinya, tetap lah berfikir dan mencari siapa pencipta diri anda.
    Asal sudah ketemu satu jawaban, di jadikan satu bukti dulu jangn langsung diingkari nuntut bukti lain, pelan pelan dapat satunpersatu bukti, itu bermakna agar semakin berfikir semakin menemukan bukti kekuasaan semakin dalam keyakinan terhadap tuhan.

  25. SEMUA orang mengaku beragama tidak bisa menjelaskan keberadaan atau eksistensi tuhan kalau tidak melalui doktrin yang telah dianutnya.

    Jika Anda sakit, Anda pergi berobat ke rumah sakit menggunakan obat-obatan yang dibuat oleh manusia. Anda tentu tidak sembuh bila hanya berdoa. Tetapi, ketika sembuh, Anda berterimakasih kepada tuhan karena telah menyembuhkanmu. Aneh bukan?

  26. Itu adlah pertanyaan yg saya angankan sejak klas 1sd, saya spendapat dan berbeda pendapat, jika manusia sdah trlalu busuk knpa tuhan tdak mnimpakan air bah lagi? Sy brtanya slama 1/2 tahun dan mncapai ksimpulan “Tuhan adlah maha adil, ia tak akan mnghapus suatu pradaban yg bersalah, Ia memberi ksmpatan yg banyk smpai mreka sadar atau mnghancurkan sndiri diri mreka (baik scra fisik/mental)” Ia memberi pnderitaan bagi manusia agar manusia mau mlepaskan diri dari pnderitaan. Manusia bukanlah manusia tanpa sifat manusia, manusia yg tak bisa mrasakan derita,bahagia,sedih dan sakit bukan dsebut manusia, tapi dsebut homo sapiens. Kita diberi kehormatan mnyandang gelar “Manusia” dgn konsekuensi mrasakan derita dan bahagia. Jika tuhan jahat maka ia pasti langsung mmbinasakan Manusia. Saya janji akan mengikuti ateis apabila sains dan ilmu dpat mmbrikan bukti konkrit ttg bigbang, bila semesta meluas, kmana itu akan mluas? Apakah dgn perentangan ruang? Apabila ya smpai kpn itu dpt drentangkan oleh waktu? Apabila ada ruang kosong, dapatkah kau mmbuat suara atau bnda tanpa brada dalam ruang itu? Kalau tidak bisa mngapa saat ini kita “Real” di dunia ini? Mohon bantuan agan mnjawab pertanyaan sejak kelas 1sd ini

  27. T U H A N

    Pernah kucoba meyakinkan pikiranku
    Bahwa sebenarnya ENGKAU tak pernah ada
    Bahwa bumi dan isinya, tercipta, karena memang harus tercipta
    Bahwa Adam dan Hawa, tiba tiba saja turun ke bumi
    Tanpa karena makan buah kuldi
    Dan aku lahir juga bukan karena campur tangan MU
    Hanya Ibu memang seharusnya melahirkanku.

  28. Baca Al-Quran semuanya tidak berkontradiksi, itu petunjuk bagi orang orang yg berakal, Logica : Manusia itu awalnya 1 adam lelaki, lalu 2 hawa, manusia itu memliki sifat yg bebas berkeinginan beda sama malaikat yg selalu patuh sama tuhan, adam dia di hukum untuk sementara tinggal di bumi karana melanggar larangan tuhan, itu semua ulah hasutan setan yg tidak mau hormat sama adam, nah manusia itu karana sifatnya memilki keinginan bebas maka tuhan ciptakan aturan, maka orang yg baik memohon petunjuk yg benar akan di beri petunjuk dan petunjuk itu akan diberikan pada orang orang khusus (para nabi/rasull) Kitab Taurot, Injil lalau Al-Quran, al Quran ini kitab pembulat dari kitab sebelumnya dan kenapa mesti berbahasa arab? karna bahasa arab ini bahasa yg hidup tidak memiliki kata E ? orang mudah menalarnya dan mengucapkannya kembali dalam otak pikiran manusia maka dari situ ke asliannya terjaga, beda sama injil yg sudah di campur tangan tangan manusia.
    karna sifat manusia yg bebas berkeinginan ini tuhan ciptakan ujian, ibarat kita mau ujian sekolah, kita udah diberi materi oleh guru buat di hapal buat menjawab soal ujiam, nah bila kita ga hapal apakah kita bisa menjawab soal soal ujian trsbt? bila nanti kita lulus ujian kita akan diberi hadiah berupa sertifikat dan mungkin ortu kita bangga dan bakal ngasih hadiah seperti HP baru sepatu baru dan lain sbgnya karna kita lulus ujian dan mendapat nilai terbaik. tuhan pun menurut saya seperti itu menguji hambanya? akan memberi surga terbaik buat hambanya yg soleh taat ibadah!
    ini Al-Quran petunjuk yg benar, aku akan berdosa di tanya nanti kelak bila tidak memberitahukan kebenaran ini terhadap yang lain, soalnya saya takut nanti km Para ateis saat di akherat di tanya kenapa km tidak menyembah/beribadah padaku nanti km jawab soalnya aku tidak tau dan tidak ada yg memberi tau, maka celakalah aku nanti karna tidak memberitaumu aku akan masuk neraka nanti, nah bila nanti ditanya dan km jawab iya aku udah di kasih peringatan namun aku mengabaikan peringatan itu, maka siap siaplah masuk neraka wahai kafir, So itu adil kan????????
    dan surga tuhanpun bermacam macam, jadi orang miskin di dunia bakal di simpan di tempat surga terbaik nanti kelak kalau dia itu soleh ibadahnya, orang islam itu jarang yg kayak atau jadi orang mampu walaupun rajin beribadah, kenapa? karna amalnya akan di balas nanti di akherat,! beda sama kristen atau agama lain dia amal ibadahnya akan lamgsung di balas di dunia so umat kristen kebanyakan orangnya mampu mampu?????
    Baca Al-Quran Hayati renungkan setiap ayatnya, bila ada yg sulit di mengerti maka tanya lah pada yg lebih paham, jangan hanya 1 ustad tanyakan kebeberapa ustad lainnya!
    kalo masih ragu berdoalah setelah beribadah minta hidayahnya.
    tuhan itu gaib, dan hal gaib seperti jin sosok setan penampakan itu akan terlihat oleh mata batin, ga akan mampu oleh logika dan mata batin itu akan didapat dengan roh jiwa hati yg benar benar mendekatkan diri pasrah sama alam tuhan yang imannya kuat!
    kesimpulan, manusia itu hanya butuh makan dan minum juga istirahat(tidur) gapunya mobil juga gapapa ga akan bikin mati, tapi manusia tanpa minum dan makan ga bakalan hidup, jadi jelas manusia ini hidup untuk beribadah untuk pulang kesurga tempat nenek moyang kita nabi Adam.karna surga itu kekal abadi beda sama dunia yg sementara, disana kita bebas berkeinginan dengan sekejap, insa alloh. semoga mencerahkan 🙂

  29. mengacu pada tulisan https://andabertanyaateismenjawab.wordpress.com/2013/08/09/kenapa-ateis-banyak-yang-mengacu-pada-sains/ yang di tulis oleh valbiant yang saya kira adalah admin abam juga – seharusnya tulisan di atas berhenti sampai pada kalimat :
    ” Secara umum, orang yang mengklaim keberadaan sesuatulah yang memiliki kewajiban untuk membuktikan”
    kalimat selanjutnya adalah pelanggaran dari apa yang pernah menjadi komitmen atheist sendiri yaitu
    scientific methodology berbeda dengan metodologi lain yang di anggap metode “kebenaran”. artinya metodologi “kebenaran mutlak” harus di akui sebagai metode yang tidak anda gunakan. jadi atheis harus menghargai metode lain yang orang lain gunakan.
    berikut saya kutip,
    “– “””Berbeda dengan cara lain yang sering mengaku sebagai “kebenaran mutlak”.
    https://andabertanyaateismenjawab.wordpress.com/2013/08/09/kenapa-ateis-banyak-yang-mengacu-pada-sains/

    karna faktanya banyak orang yang menggunakan metode “kebenaran mutlak”. dan orang yang menggunakan metode “kebenaran mutlak” mengklaim Tuhan ada.
    jika atheist menuntut pembuktian adanya Tuhan kepada orang yang mengklaim tuhan ada, maka atheist harus mengikuti peraturan metode “kebenaran mutlak” yang diklaim bisa membuktikan (Tuhan ada). bukan memaksa orang tersebut membuktikan dengan mengikuti aturan “scientific metodology” yang jelas2 anda sendiri tidak bisa menyimpulkan (Tuhan ada/tidak ada).
    berikut kutipan nya “pada umumnya para atheis bukanlah fundamentalis yang sangat yakin bahwa tuhan tidak ada.” pada tulisan ‘dapatkah ateis kembali beragama?’ https://andabertanyaateismenjawab.wordpress.com/2012/10/14/dapatkah-ateis-kembali-beragama/

  30. Saya setuju dgn pembahasan ini. Saya juga mau ajukan pertanyaan utk kawan2 yg percaya adanya Tuhan…

    Tak usah kita bicarakan dulu teori bigbang atau adanya alam semesta dulu. Saya pengen tau jika Tuhan “bersemayam” pada Tahtanya, dan Tuhan menyatakan “Akulah yg awal dan yg akhir” brarti ada permulaan brarti disitu berbicara tentang “waktu” nah klo kalian merasa agama kalian paling sempurna jelaskan bagaimana proses terjadinya “waktu” karena tanpa “waktu” maka ruang pun tidak akan ada dan Tuhan pun tidak ada. Karena Dia bilang “akulah yg awal…” bagaimana proses terjadinya “sang waktu”?

  31. Saya sepakat hampir semua manusia yg mengaku berTuhan hanya berhayal. Mereka bicara surga tapi tak tau surga itu dimana,begitu juga neraka.
    Mereka selalu bilang Tuhan ada diatas,atas yang mana? Alam semesta sudah terkuak yang mana satu tempat Tuhan bersemayam?

    Agama samawi mempercayai Nabi Adam turun dari surga yg menjadi cikal bakal manusia, klu memang turun ,turun dari mana ?pake apa? Surga di Atas? atas yg mana?

    Iman adalah yakin, saya yakin gula manis karena saya sudah buktikan lewat rasa, walaupun kemudian saya tak mampu mendefinisikan rasa manis itu sendiri.
    Begitu juga Tuhan, tak terdefinisikan tetapi bisa dibuktikan lewat rasa, rasa yang pas bukan khayalan.

    Sulitnya mencari Tuhan hampir sesulit mencari diri kita sendiri. Kita selalu mengatakan , ini tanganku,.. Ini kakiku, ini milikku, ini aku.. Terus yang mana aku?

  32. Tuhan memang maha besar lebih besar dari agama apapun atau apapun yang kita lihat ,kita baca ,kita dengar dan kita rasaka dan segala kemampuan manusia melalui pikiran ilmu pengetahuan akan tidak mungkin mengerti akan tuhan

  33. 1. Mencari Tuhan ialah mencari X tapi informasi mengenai X tidak jelas : Anggaplah Tuhan samadengan X, dan kalau untuk sekedar nyari satu variabel kita cuman butuh 1 persamaan

    X mengadakan Alam Semesta, maka Alam Semesta ada

    X bisa diisi oleh nol, atau ga ada. X juga bisa kamu isi dengan analogi :

    Pembuat Pinsil mengadakan Pinsil, maka pinsil ada.

    2. Lalu tadi ada keluhan para sesepuh tentang Tuhan yang nggak menghilangkan penderitaannya. Apakah pemikiran kita tentang penderitaan itu benar? Penderitaan kita mungkin keuntungan. Misal kita mau naik motor tapi malah mati mesinnya, kita anggap itu penderitaan kita.

    Bisa jadi saat motor kita ngadat ntar kita bakal kena marah gara gara telat. Bisa jadi juga saat motor kita ngadat ada razia polisi gila gilaan dan kita ga punya sim

  34. Bagus, tapi saya belum kenal sama Tuhan jadi saya ragu untuk berkata bagus tapi juga enggan untuk menilai jelek. Entahlah kalo udah kenal mungkin komentarnya berbeda.

  35. Ping-balik: Kenapa belajar filsafat tidak akan membuatmu menjadi seorang Ateis? – Farbe Memoiren

  36. semua konsep agama= kalau km patuh dengan ajaran agama yg baik maka km masuk surga..kalau kamu tidak patuh dan berbuat dosa kamu masuk neraka..
    saya percaya Tuhan dan anda tidak
    ketika kita mati
    kalo Tuhan ternyata tidak ada..ya sudah kita hilang buat saya tak ada ruginya..tapi kalau ternyata ada saya selamat anda tidak…..petaka buat anda..kalau org cerdas pasti pertimbangkan resikonya…

  37. Aku tanya nih buat para theis
    Kalo semua ini diciptakan tuhan
    Lalu siapa yang menciptakan tuhan?
    Ada sendiri gitu kayak sulap?

  38. Logika anda cacat. Jika tuhan tidak ada, apa mungkin kamu ada dari ketiadaan..?
    0 + 0 + 0 sampai kapan pun tak akan pernah mengjasilkan 1
    .
    Kamu adalah makhluk yg sangat sempurna.. Sangan luar biasah, rancangan rancamgam, desain yb teratur, dan keajaiban banyak sekali di dalamnya. Apa mungkin itu semua dari kebetulan dan proses evolusi..?
    .
    Robot saja yg otaknya jauh dari otak manusia ada karena di ciptakan. Nghak mungkin tiba tiba jaman dulu besi dan kabel merakit senduri kemudian berevolusi jadi robot.

  39. Tuhan tidak mengikuti pola pikir anda dan bila sama dg anda maka anda juga tuhan.
    Apa jadinya bila semua orang didunia bersifat baik
    Apa jadinya kalau kaya semua
    Apa jadinya kalau sehat semua
    Apa jadinya kalau semua kenyang
    Maka kehidupan tidak berlangsung dan pemalas

    Manusia terdapat jiwa dan raga . Raga alatnya jiwa.
    Singa disirkus dengan singa dihutan ada kesamaan raga tetapi isi jiwanya beda
    Bagaimana wujud jiwa. Wujud jiwa ada terlihat dari perilaku raga

    Bumi dan jagad raya lengkap dan teratur ; ada gravitasi ada unsur kimia ada listrik ada maghnet ada api ada baik dan jahat ada gaib ada nyata adamahluk gaib ada keterkaitan maghnet dan listrik dll begitu lengkap .
    ada otak ada ilmu
    Ada perut ada makanan.
    Itu sebagian bukti adanya Tuhan

  40. kalau tuhan itu benar-benar tdk ada, saya mau bertanya..
    siapa yang menciptakan langit dan bumi?
    siapa yg menciptakan manusia pertama kali?
    kan tdk mungkin itu semua tiba-tiba ada tanpa ada yg menciptakan?
    jwbnx cuma 1, ALLAH SWT. itu la tuhan kita semua.

  41. pertama selamat telah menjadi seorang atheis, artinnya anda kritis dalam mencari kebenaran tuhan itu sendiri bukan meyakini hanya sekedar karena budaya ( keluarga dan lingkungan) tetapi mencari kebenaran abasolut. saya salut. tapi saya harap saudara tidak berhenti pada titik ini (atheisme). saya akan menjelaskan sedikit tentang tuhan secara ilmiah. salah satu yang ada bingungkan adalah “bagaimana sesuatu yang tidak ada tetapi ada ?”. secara logika hal tersebut tidak lah rasional bagaimana hal yang tidak ada tetapi ada. jawabannya simple, sebelum lanjut ke jawaban saya ingin menanayakan kepada saudara apakah saudara percaya terhadap alam ? jika percaya maka silahkan baca jawaban saya tetapi jika saudara juga tidak mempercayai alam maka saudara sdh tidak perlu membaca jawaban saya dan saya berharap saudara mendapatkan mukjizat. kembali ke jawaban dari pertanyaan saudara “bagaimana sesuatu yang tidak ada tetapi ada ?” hal tersebut sama saja kegelapan di ruang angkasa. kegelapan itu tidak ada yang ada ketidakadaan cahaya artinya kegelapan tidak ada secara fisik tetapi kegelapan sendiri ada karna kita dapat melihat secara nyata dan tau. teori ini juga dapat menjelaskan tentang ketiadaan dan keberadaan, bahwasannya ketiadaan sendiri yang membuat keberadaan. nah saudara percaya dengan kegelapan ? tentu saja karna saudara secara langsung percaya karna telah membaca jawaban ini. lalu bagaimana dengan tuhan apakah berkaitan ? tentu saja, sama seperti kegelapan tadi, kegelapan sendiri ada tetapi ia tidak ada dan sama seperti tuhan, tuhan itu ada tetapi tidak ada secara fisik. semoga bisa membantuk

  42. Tidak ada penderitaan dimuka bumi ini, yang ada adalah ketidaksyukuran… tau makna kafir yang sesungguhnya apa? Kafir = kufur… kufur lawan katanya syukur… jadi anda kafir jika anda tidak bersyukur… bersyukur apa? Bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah… mungkin anda tidak akan menikmati banyak, tapi jika anda pandai bersyukur, nikmat itu akan terasa, dan penderitaan tidak akan terasa

  43. Penderitaan itu sebenarnya ada karena ketidaksyukuran… sekarang apa sih arti kafir? Kafir = kufur… lawan kata dari kufur adalah syukur,,,, jadi orang yang kafir itu sebenarnya adalah orang yang tidak bersyukur… bersyukur atas apa? Bersyukur atas apa yang dimilikinya… dalam artian lain orang kafir adalah orang suka berlebih2an… dan itulah sifat asli manusia tanpa Tuhan di hatinya, yaitu sifat tidak pernah puas… dalam Al qur’an sering sekali disebutkan bahwa Allah sgt tidak menyukai orang2 yg berlebihan… jadi, penderitaan itu sbnrnya tergantung anda bagaimana menyikapinya… banyak loh orang yg punya banyak uang tapi menderita… kenapa dia menderita, ya karena tidak bersyukur….

  44. Belajar lagi saudara.. belajar dan belajar.. renungi dan amati.. maaf sy tdk sedang menasehati anda.. sy hanya sekedar mengingatkan.. dilihat dari tulisan2 anda, sepertinya anda msh prcya adanya tuhan.. mungkin anda bkan atheis.. anda seorang agnostik..(anda tidak percaya agama tapi anda tahu tuhan itu ada). Apapun agama anda sebelumnya, pelajari lah.. seperti membeli sesuatu benda yg blm pernah anda liat/beli sebelumnya.. pelajari lah Manual Book nya. So, jgn liat PENGANUT AGAMA nya!!!! liat kitab sucinya… bandingkan.. pelajari dan pakai logika anda. Dan jika anda mau jujur kepada diri anda sendiri, sy yakin anda akan lbih baik dripda hari sblumnya. Trima kasih. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s