Apakah roh itu benar benar ada? Jika tidak, bagaimana manusia bisa hidup?

Konsep roh merupakan sesuatu yang sangat akrab di telinga kita, apalagi konsep ini lekat dengan konsep penciptaan dan kehidupan setelah kematian. Pertanyaannya adalah, bila penciptaan dan kehidupan setelah kematian itu tidak ada (atau setidaknya belum terbukti keberadaannya), apakah roh juga tidak ada? Jika tidak, bagaimana manusia bisa hidup?

Singkatnya, konsep roh itu sendiri dibuat oleh orang-orang untuk menjelaskan konsep kesadaran sebelum ilmu kedokteran semaju sekarang. Pada saat itu, masih belum ada penjelasan tentang bagaimana manusia bisa hidup (atau mati), sehingga dibuatlah konsep roh, manusia hidup karena ada roh yang ada dalam tubuhnya dan meninggal saat roh tersebut keluar dari tubuh. Ilmu kedokteran sejauh ini belum menemukan adanya tanda-tanda keberadaan roh / jiwa dalam tubuh manusia.

Salah satu peran roh yang paling fatal, yaitu pembentuk kepribadian, pada kenyataannya sangat dipengaruhi oleh otak (selain karena gen dan lingkungan). Contoh yang paling mudah adalah melihat pasien yang mengalami brain damage (entah karena kecelakaan atau disorder). Ketika bagian tertentu otaknya mengalami kerusakan/perubahan, ada kemungkinan kepribadian orang tersebut juga berubah.

Jadi, bagaimana manusia hidup tanpa roh? Simpelnya, tubuh kita dapat bekerja berkat kerja sama antara sistem dalam tubuh manusia, seperti yang telah ditulis di atas. Otak, sistem saraf, organ dan jaringan kita bekerja sama setiap harinya agar kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Melihat fakta-fakta ini, bisa dipastikan bahwa roh itu tidak benar-benar ada dan pada dasarnya tubuh manusia tidak memerlukan keberadaan roh untuk berfungsi.

-AP-

154 komentar di “Apakah roh itu benar benar ada? Jika tidak, bagaimana manusia bisa hidup?

  1. Ping balik: Selamat datang di web ABAM! | Anda Bertanya Ateis Menjawab

  2. Ping balik: Selamat atang di ABAM! | Anda Bertanya Ateis Menjawab

  3. berarti pada akhirnya ilmu kedokteran akan mampu menciptakan formula yang bisa membuat manusia hidup abadi… mungkin bakal penuh sesak bumi ini oleh manusia..

  4. kalian ini orang2 sombong… merasa bisa jelaskan segala sesuatu..seakan2 anda2 ini manusia super..tidak mau menyadari bahwa ada batas2an dalam diri manusia yang mustahil bisa dilewati…. hei.. kalau anda bias jelaskan semuanya.. tolong jelaskan bagi saya..kenapa banyak hal di semesta ini yang tersusun rapi dan berkesinambungan??… apakah semua bisa kebetulan terjadi begitu saja?? kalau belum bisa jelaskan, janganlah mengklaim bahwa apa yg kalian pikirkan adalah benar.. kalian hanya mencoba menutupi ketidakpuasan kalian atas hal2 yang kalian tidak bisa pahami… mencoba jadi Tuhan atas diri sendiri?… se pintar apa sih kalian??..

    • begini mungkin maksud @letz joging biar sehat, jika sistem organ yang menjalankan kehidupan, maka kita tinggal membuat sistem itu terus bekerja dan terus memperbaiki bila ada kerusakan, maka jika hal itu bisa dilakukan kita bisa kekal kan? jika seandainya teknologinya sudah sangat maju dan dapat memperbaiki kerusakan sistem organ maka kita akan tetap hidup sampai kapanpun, atau jika tidak dapat diperbaiki lagi tiggal donor organ saja kan? tapi sekarang ini kenyataan nya tidak seperti itu, sehebat apapun teknologinya adakalanya, organ yang diperbaiki kerusakannya atau diganti – pemiliknya tetap saja mati,

  5. pelajari dulu tentang roh. dlm keyakinan beragama, roh itu beda gn nyawa. dlm keyakinan tasawuf, unsur manusia itu: jasad+roh+ nyawa.. ada tiga unsur. nyawa ibarat energi hidup yg menghidupkan jasad. sedangkan roh itu unsur terpisah yg akan eksis setelah jasad mati. itu prolognya. pelajari dulu ya, meski kalian tak percaya agama

    • Keyakinan bukan fakta,apa yang anda yakini berbeda dengan yang diyakini orang lain.misalnya 1 milyar orang yakin islam millyaran lainnya mengatakan itu omong kosong.selanjutnya thomas alfa edison adalah pencipta bola lampu dan seluruh umat manusia seragam menyepakatinya,anda tidak perlu menyakininya karena itu adalah fakta.dan thomas tidak perlu susah susah buat kitab tebal untuk membujuk,menakuti atau mencuci otak anda agar percaya kepadanya.setahu saya tuhan dalam kitab agama samawi bukan pemalu,tapi sosok yang ingin sekali diakui,disembah,dikenal,tapi mengapa sampai saat ini dia tidak menampakkan dirinya kalau memang ada?.umumnya ateis tidak keberatan orang mempercayai sebuah agama,tetapi pihak agamis lah yang secara brutal membunuh,membungkam,mengejar mencaci,melecehkan,membenci orang ateis.manusia tidak memerlukan agama untuk mengasihi sesamanya,lihat saja hewan yang tidak beragama tapi mereka sangat mengasihi anaknya tanpa syarat,tetapi sebaliknya pihak agamis punya banyak cara untuk membenci,membunuh,berperang(tertulis dalam kitabnya) orang yang tidak sepaham dengannya.

      • “”…..tetapi sebaliknya pihak agamis punya banyak cara untuk membenci,membunuh,berperang(tertulis dalam kitabnya) orang yang tidak sepaham dengannya…..””
        =================
        Q : Maaf gan boleh dikasi tau ayat yang tertulis dalam kitab tersebut, perintah untuk membunuh, membenci, berperang terhadap orang yang tidk sepaham dengannya???

      • @Ghuenzs: “Apabila sudah habis bulan-bulan haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, tangkaplah mereka, tawanlah mereka, dan intailah di tempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Taubah [9]: 5)

      • @rafa
        “(QS. Al-Taubah [9]: 5)”

        Anda itu sudah salah memahami ayat tersebut, ‘orang-orang musyrikin’ yang disebut dalam ayat tersebut adalah orang-orang musyirikin yang memerangi nabi dan pengikutnya bukan orang musyrik secara general. Jika anda membaca ayat-ayat sebelumnya (QS 9:1-4) dan sejarah diturunkannya ayat tersebut, anda akan menemukan bahwa ayat-ayat tersebut sebenarnya sedang membahas orang-orang musyrik yang melanggar perjanjian damai hudaibiyah. Bahkan pada QS 9:4, tuhan jelas-jelas menyuruh kita untuk memenuhi perjanjian damai dengan orang musyrik selama mereka tidak melanggarnya. Baca:

        “kecuali orang-orang musyrikin yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) dan mereka tidak mengurangi sesuatu pun (dari isi perjanjian)mu dan tidak (pula) mereka membantu seseorang yang memusuhi kamu, maka terhadap mereka itu penuhilah janjinya sampai batas waktunya. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa” (QS. Al-Taubah [9]: 4)

        Jadi jangan mengutip alquran sepotong-potong dengan harapan anda bisa menodai citra agama islam.

      • Hahaha itu lah batasan antara pencipta dan yg diciptakannya..ateis di benci karna iy tidak percaya pada tuhan sedangkan org beragama sangat berperinsip harus percaya pada tuhan sampai sejauh ini tidak ada ilmu pengetahuan yg secara logis menjelaskan tentang penciptaan manusia secara utuh termasuk bagaimana manusia bisa hidup n perlu makan n aktifitas sosial, kalia pintas tapi bodoh dalam memahami spiritual kita ambil analogi seorang pencipta sesuatu pasti tidak akan sma dengan si penciptanya, benar..? Anda membuat boneka semirip anda pun tdk bisa menjadikannya plek sperti anda spt tu juga tuhan menciptakan mahluknya tentu saja tidak sama dengan NYA..ia tidak bisa dilihat tp bisa dirasakan spt angin yg tdk bisa dilihat tp bisa dirasakan..bagaimana merasakanya melalui nikmat yg ia berikan kepada kita.. Itu lh tuhan bukan berarti tuhan spt angin tapi tuhan itu ghaib alias tidak terlihat dan Ia bisa melihat kita sperti ciptaan anda yg selanya tdk bisa melihat anda tapi anda melihat dan merawatnya..klo memang ateis itu sesuay dengan logika manusia coba jelaskan tentang jin dan kesurupan..bisa..?sy yakin tidak bisa karna anda semua tidak percaya pada hal gaib.. Tp itulah hebat nya orng yg beragama bukan hanya pintar di logika tp jg hal2 yg ghaib..cz tidak semua hal bisa di hubungkan dgn logika..cz logika itu penyebab kesesatan tapi iman penunjuk jalan sebenarnya..

    • Alam semesta itu bekerja sendiri secara kebetulan dan perlu saudara pahami sesuatu yang bekerja sendiri dan kebetulan adalah hal yang jauh lebih hebat dari pada yang dibuat seseorang.contohnya gunung meletus,hujan,meteor jatuh,bumi berputar pada porosnya.mereka bekerja sendiri.sebuah negara atau kelompok menghabiskan dana triliunan rupiah dan mendapati semesta ini ternyata bekerja secara kebetulan.dan perlu anda ketahui dalam penelitian tersebut termasuk siapa yang mengatur alam semesta ternyata sosok tuhan yang anda katakan tidak mereka temukan.kenapa ya ketika kaum agamis bertemu ateis sangat banyak pertanyaan brillian yang menuntut.tetapi kenapa mereka tidak bertanya kepada yang menciptakan (tuhan yang mereka klaim)

      • Oh sepertinya anda butuh kemampuan Meraga Sukma (Astral Travel) , yaitu melakukan perjalanan dgn tubuh halus(astral) menembus dimensi ruang agar anda sendiri dpt membuktikan adanya kehidupan setelah kmatian yg tak dpt dibuktikan oleh ilmu pengetahuan umum. Bahwa setelah tubuh binasa manusia masi akn tetap hidup pd dimensi lain.

        Pengen belajar? bnyak tu referensinya, slh satunya disini http://www.theartofastralprojection.com/

      • @rafa…kalo lihat (QS. Al-Taubah [9]: 5) isinya memang itu. tapi kalo lihat apa adanya seperti itu..ada ga alasan bagi kami untuk patuh sama ayat tersebut untuk bunuh2in orang musyrik?. ga ada…dan tidak ada satupun ajaran Nabi SAW, maupun ulama soleh terdahulu maupun terkini yang menjadikan ayat tersebut sebagai dalil menghalalkan pembunuhan..hanya orang Islam bodoh saja yang menjadikan ayat tersebut sebagai dalil buta.

      • Mengapa manusia melahirkan manusia ?
        Mengapa monyet melahirkan monyet ?
        Benarkan itu hanya kebetulan ?

        Jika tidak ada ruh, bagaimana mungkin kesedihan pada manusia dapat menyebabkan air mata mengalir, irama & detak jantung serta nafas berubah tanpa aktifitas fisik yang mendorongnya

  6. Pertanyaan sederhana untuk para ateist. Manusia itu siapa yang create? Atau jika kalian Darwinism, monyet (manusia purba) atau kerabat manusia itu adanya dari mana? Saran: jika berpikir coba sedikit radikal dan fundamental. Banyak hal yang tidak bisa dijangkau dengan logika apalagi penjelasan anda terbatas, sebatas saraf2 tapi tidak mendetail.

    • sepertinya anda butuh kemampuan Meraga Sukma (Astral Travel) , yaitu melakukan perjalanan dgn tubuh halus(astral) menembus dimensi ruang agar anda sendiri dpt membuktikan adanya kehidupan setelah kmatian yg tak dpt dibuktikan oleh ilmu pengetahuan umum. Bahwa setelah tubuh binasa manusia masi akn tetap hidup pd dimensi lain.

      Pengen belajar? bnyak tu referensinya, slh satunya disini http://www.theartofastralprojection.com/

    • maaf dalam komentar sebelumnya dengan saudara seblat, apakah anda bermaksud mengatakan bahwa saling mengasihi tidak memerlukan agama? kalau ya, paham ini disebut humanisme sekuler, anda tahu apa yang terjadi setelah humanisme sekuler ini muncul? berbagai revolusi di eropa terjadi dan kejadiannya sangat brutal dan mengerikan, tentunya kebrutalan ini tidak dilakukan oleh pihak pemerintah tapi pihak penuntut revolusi yang telah mengenal humanisme sekuler, – lihat revolusi perancis. sebaliknya agama itu mengikat dan membatasi perilaku pemeluknya, hal ini tentunya dilakukan untuk kebaikan pemeluknya sendiri, karena tuhan tahu yang terbaik. lalu bagaimana dengan seorang teisme yang berperilaku kasar, brutal, dan melakukan kekerasan dan kejahatan? anda bisa menyebut mereka orang yang mengatakn beragama tapi jauh dari agamanya. apakah hal ini berarti agama ( tuhan ) tak sanggup mengikat pemeluknya?, oh tentu saja tidak, hal ini terjadi bukan karena agama ( tuhan ) tak sanggup mengikat, tapi merekalah yang tak mau diikat. tuhan tidak membutuhkan manusia untuk menyembahnya, jadi untuk apa tuhan mengikat seseorang yang jelas2 tak mau diikat? dengan kata lain tuhan membiarkannya, atau mungkin orang itu terlalu bodoh untuk menyadari berbagai peringatan dari tuhan

  7. hahaha lucu bgt roh kok gk ada,emang pada super pinter ini, hadeeh bumi udah tua cpetan sadar yah kasian hidup gk guna klau gini caranya, suruh ilmu kedokteran bikin manusia biar tambah keren, okeyy

  8. Manusia hidup seluruh organ tubuh baik karena oksigen,mati ada organ tubuh yg vital rusak/tidak berfungsi karena oksigen. Intinya fungsi organ tubuh berhenti itulah mati karena sudah tidak bisa lagi menghirup oksigen.Nyawa(ROH) manusia adalah Oksigen. Jelaskan! Oksigen the Best (Segala kehidupan membutuhkan Oksigen) ya Oksigenlah kehidupan dan kematian.

    • Itulah hak proritas tuhan yang wajib kita imani..kita diberi akal untuk berfikir bukan hanya mengandalkan logika..anda kira agama tidak menjelaskan hal itu..jauh sebelum ilmu saintis ada di dunia ini agama telah menjelaskan tentang hal itu lewat kitab nabi utusanNya..anda yg baru tau n tdk tahu tentang agama mau mengira itu alami natura..hahhaha lucu..benar Allah SWT menciptakan secara natural tapi semua atas kehendak n kuasanya..anda bisa jelaskan kepana air hujan jatuhnya seperti disaring..? Kno tidak langsung jatuh besar2..itu natural cz ada angin yg berhembus jadi ia bisa spt tu..?hahaha tidak ada yg instan di alam semesta ini kawan..lihat lagi seluruh alam semesta klo anda selalu membuat logika sebab akibat apa kabar nya alam semesta yg begitu luas tersusun rapi sesuay porosnya yg jauh2 di jelas kan Al Quran 2000 th. Silam sebelum para ahli tau kenapa dunia ini gk pernah tabrakan ama matahari..siapa yg mengaturnya..itulah sang pencipta..pelajari dulu ilmu agama maka u akan tau apa itu ilmu pengetahuan..

    • Itu bukan jwaban tolol..klo oksigen ya kandungan dalam tubuh yg snagat dbutuhkan oleh manusia..sama halnya kyak cairan,darah,makan..tu juga di butuhkan klo gda itu ya mati..lu kira oksigen tu roh pa tolol bgt si..klo memang lu semua pinter wahai org2 ateis yg bego coba donk buat 1 manusia lengkap dgn rohnya..bisa..?klo bis gw jadi ateis sekarang juga..

  9. maaf sebelumnya…
    jika manusia bias hidup tanpa ROH. berarti kalian para doctor bias membikin manusia. bukan begitu?
    “ini doktor goblok apa bego sih”

    • Gw ga ngerti banget ini
      manusia bisa hidup tanpa roh –> para doctor bisa membikin manusia
      I DON’T WANT TO LIVE IN THIS PLANET ANYMORE
      bisa dijelasin ga…

      • Kata siapa gak bisa? Pernah denger kata “cloning” ga?
        Jangan pernah cari sumber berbahasa Indonesia karena sangat bias terhadap agama jadi gak akan pernah dipublikasikan.

        Hewan dan tumbuhan sudah ada buktinya bisa diciptakan para doktor. Kalau bicara soal kemampuan, YA mereka mampu! Tapi masalahnya bukan mampu atau tidak, melainkan masalah keamanan dan identitas. Manusia kloning akan memiliki kehidupan yang berbeda dengan manusia lainnya, membuatnya tumbuh berbeda secara psikologis, normatif, dll.

        Kembali ke masalah roh, apalah roh itu? Kenapa harus berasumsi kalau roh itu ada? Kalau roh tidak ada bukankah semua pertanyaan anda akan jauh lebih mudah terjawab?

  10. Oksigen itu awalnya dari apa ya? dari inti cell plus electron proton dll kah? kalau iya, dari apa tebuatnya electron proton tsb? lalu bagaimana komponen paling dasar itu ada? kebetulan kah? silakan kupas dengan cocoklogi-nya.

  11. paham materialisme, sungguh banyak membuat manusia menjadi takabur,
    konsep ruh dan jasad tidak sesimpel yang anda jelaskan kawan. siapa pencipta sel yang menyusun tubuh manusia?apakah terjadai secara kebetulan?apakah motor dan mobil yang anda kendarai terjadi secara kebetulan, dari bijih besi atau besi tua tiba2 secara kebetulan jadi mobil dan motor?

      • Sebelumnya mas Jarwo harus memahami defenisi Tuhan, Tuhan adalah sebutan bagi orang yang berbahasa indonesia….sebenarnya Anda boleh menyebut-Nya siapa saja, dan yang pasti Dia tidak sama dengan sosok apapun yang ada di dunia ini…
        ===========
        Untuk mencari tau Tuhan itu siapa, mari kita telusuri riwayat manusia, Saya dan Anda pasti dilahirkan seorang perempuan yang kita sebut IBU, dan Ibu dilahirkan oleh Ibun-nya dan kita panggil nenek, begitu seterusnya hingga kita sampai pada Manusia pertama yang hidup di dunia ini, banyak manusia menyebutnya Adam. dan kita akan sampai pada pertanyaan buntu! siapakah yang melahirkan atau menjadikan Adam????
        ===========
        karena disini kita menemui jalan buntu, dan tidak akan pernah ada orang yang bisa menjawab siapa Ibunya si manusia pertama..Maka untuk menjawabnya kita harus menetapkan satu sosok yang memiliki kekuatan maha super dan sudah semestinya sosok tersebut tidak sama dengan manusia maupun benda-benda apapun di dunia ini, karena dapat dipastikan sosok maha super tersebut tidak bisa dibandingkan dengan seisi dunia ini. apa-apa yang ada didunia ini pasti akan berakhir termasuk Saya dan Anda.
        ===========
        Sosok inilah yang orang berbahasa indonesia sebut dengan Tuhan.

  12. ya memang benar roh atau nyawa itu ga ada, karena ketika kita kehabisan darah atau jantung kita berhenti bekerja, maka kita akan mati, nah udah terlihat kan kehidupan dan kematian ga ada hubungannya dgn keberadaan dari roh/nyawa pada kehidupan kita, kalo kalian tidak percaya dengan ILmu medis, silahkan stop untuk pergi ke dokter, cukup kalian berdoa jika sakit.

    • Jarwo: Agama saya menyuruh saya pergi ke dokter kalo sakit karena setiap penyakit ada obatnya. 🙂

      btw, lucu nih ulasannya, ulas lebih dalam dong!! moso gitu doang. Saya diskusi tentang roh saja ga selesai2 kok. Persoalan roh itu ga mudah, ga sesimpel yang Anda katakan. Untuk contoh kematian juga cuma dari persoalan kecelakaan dsj, coba ulas yang bisa orang bilang, “mati ga ada sebabnya”. Pernah liat langsung orang kesurupan?

      Saya suka dengan komentar2nya, sayang ga dijawabin ama authornya. Salam 🙂

      • kn skrg kedokteran sudah canggih neh, manusia ktany hidup tnp ruh trus knp sebaik apapun tubuh org mati g bisa dihidupin lg? trus knp org mati g ad obatny? tlong buat obat utk menghidupkn org mati donk..
        trus knp ad org yg udah parah kerusakan tubuhnya ato sesakit apapun dia msi hidup.

      • kesurupan itu termasuk salah satu gangguan jiwa, kasi obat penenang jg beres, ‘setannya’ pergi sendiri….

      • @puguh nugroho kematian itu terjadi karena kerusakan organ tubuh pada titik2 yg fatal, mana ada org dgn fisik yg masih baik/normal bisa mati dan sebaliknya jika orang dgn tubuh yg rusak pada titik2 yg fatal masi bisa hidup. contoh manusia tanpa kepala, akankah dia bisa hidup walaupun ditiupkan jutaan roh2 olehNYA…, roh tidak lebih dari sekedar imajinasi manusia….

      • @jarwo

        “kematian itu terjadi karena kerusakan organ tubuh pada titik2 yg fatal”
        Tidak harus, seseorang dapat mati lebih dikarenakan organ vitalnya berhenti berfungsi (bukan rusak). Jika melihat contoh kasus pelaksanaan hukuman mati di amerika (mati dengan disuntik). Orang yang terkena hukuman mati akan diberi tiga suntikan. Suntikan yang pertama untuk menghilangkan kesadaran. Suntikan kedua untuk menghentikan pernapasan. Suntikan yang ketiga untuk menghentikan degup jantung. Hal itu mengindikasikan bahwa obat2 yang diberikan kepada terhukum berfungsi untuk menghentikan kerja organ-organ vitalnya bukan untuk merusaknya. Dan ‘keutuhan’ organ vitalnya terbukti dengan adanya donor jantung yang dilakukan oleh beberapa terhukum mati di dunia. Nah jika roh memang tidak ada dan cuma merupakan serangkaian reaksi kimia atau fisika pastilah orang yang dihukum mati tadi mungkin untuk dihidupkan kembali karena organ tubuhnya kan masih utuh?

    • Jarwo2 anda telalu pd dengan jawaban anda..
      Oke keserupan itu ganguan jiwa skrng klo anda benar2 ingn membuktikannya itu sakit jiwa atau karna jin ayo buktikan snndri dgn anda menjadi objek kesurupan..silahkan minum obat sampek over dosis buat nyembuhin klo gk bsa jg ya silahkan hubungi ustad terdekat untuk ngobatin skit jiwa lu tu..brani..?
      Bisa jelaskan fenomena santet n perut org tumbuh kawat..? Secara logika..?
      O y tantangan kami tetntang oksigen yg menurut kalian ruh..bisa org mati dikasih oksigen hidup..?
      Sya setuju mati cz organ vital tubuhnya rusak…skarang jelaskan fenomena mati suri..? Itu sudah cukup menjelaskan bahwa ruh itu ada..org yg di vonis mati oleh dokter dapat hidup kembali cz ruhnya kembali atas kehendaknya dgn catatan organ tubuhnya lengkap n mati cz sebab yg wajar bukan cz di penggal/ di gantung..pa lagi di mutilasi..itu pun anda belom lihat hal yg lebih ajaib lagi sperti ilmu kebal, rawarontek atau yg lainnya..anda tidak percaya..?silahkan beljar lagi n buktikan sendiri..

  13. Pak, kalo orang mati, kan organ2nya masih genap tuh. Tapi, kenapa ga berfungsi? Kalo tubuh manusia tidak memerlukan roh untuk berfungsi, trus apa yg diperlukan utk membuat org mati menjadi hidup lagi?

    • Apa anda mau menyumbangkan organ anda pada orang mati tersebut.sekedar memberi tahu jangankan menghidupkan orang mati,menciptakan persis seperti anda atau pribadi yang lain,kedokteran pun bisa lakukan.sayang itu melanggar undang undang.

      • @Pstruct
        “jangankan menghidupkan orang mati, menciptakan persis seperti anda atau pribadi yang lain,kedokteran pun bisa lakukan.sayang itu melanggar undang undang.”
        Hah….serius tuh, saya belum pernah mendengar ada orang sudah mati bisa dibangkitkan lagi oleh seorang dokter. Btw, menghidupkan orang mati setahu saya tidak melanggar undang2 apapun.

  14. Menurut saya adalah sebuah kenyataan yang indah ketika saya sadari bahwa saya adalah suatu “star stuff which have an ability to contemplate the star.” Adalah sebuah sikap yang rendah hati–alih-alih sombong– untuk mengakui bahwa kita memiliki keterikatan genealogi dengan spesies lain. Adalah sebuah sikap yang sederhana dan bijak untuk mengakui bahwa kita berawal dari bentuk yang sederhana, yang melalui mekanisme menakjubkan alam semesta, lambat laun, berubah dan sampai ke bentuk kita hari ini… Adalah sebuah harapan yang mendebarkan saat menyadari kelanjutan evolusi yang mungkin akan kita lalui, mengantar kita ke wujud yang tak akan pernah kita bayangkan sebelumnya–jika segala yang terjadi di lingkungan(sistem) mengizinkan kita untuk bertahan dan meneruskan perubahan tentunya….
    Agama adalah sebuah kenyataan kultural yang memikat… sebuah upaya manusia untuk memahami dirinya sendiri dan dunia di sekitarnya. Sains dalam pemahaman serupa, adalah upaya yang yang sama, namun melalui metode yang berbeda. Sains tidak menyediakan jawaban yang final dan permanen, melainkan akan menerus menghasilkan jawaban dan pemahaman yang lebih baik soal kenyataan. DI titik ini saya tidak peduli apakah tuhan ada atau tidak. Yang pasti sains menawarkan penelusuran tak berhingga soal kenyataan. Dan jika memungkinkan saya ingin hidup ribuan tahun atau bahkan hidup abadi (yang mungkin terjadi jika kelainan degeneratif sel manusia diketahui cara menghentikannya) untuk melihat misteri alam semesta apa lagi yang sanggup disingkap manusia di kemudian hari….. Peace out -daisy st patience-

  15. adanya roh/hantu dapat di deteksi oleh tegnologi lho, suatu tempat bisa mempunyai gelombang rendah/energi ( tempat angker ) dan energi itu dapat mempengaruhi manusia, gimana penjelasan anda ?

  16. Contoh kecil sj, apakah kesurupan massal bisa dijelaskan oleh ilmu kedokteran? Allah itu menciptakan sistem, org yg sakit, berobat dan sembuh, itu adlh bagian dari sistem.

    • Kesurupan dijelaskan oleh psikologi. Sederhananya, tidak ada pastur vatikan kesurupan jin islam. Semua berawal dari persepsi orang yang sedang kesurupan. Ini dinamakan ‘histeria’ secara medis.

      • lu belum pernah liat orang kesurupan sih, di tempat ku, ada orang yang bahkan ngak tamat sd dan dia hanya menguasai 2 bahasa aceh dan indonesia. tapi saat dia kesurupan selama 3 jam waktu itu, dia menguasai 8 bahasa yaitu arab, indonesia, china, india, inggris, persia, thailand dan spanyol.
        aku sendiri, bahasa asing selain arab dan inggris aku juga sedikit mengerti bahasa india (urdu) dan china (mandarin). karena kuliah ke sana
        tapi bagai mana si yang ngak tamat sd ini bisa selama 3 jam kesurupan, tapi setelah sadar diangak bisa lagi bahas2 asing itu.

      • Untuk ukuran orang yang menguasai banyak bahasa, saya kurang paham kenapa anda tidak paham hal ini.

        Jika anda ke gereja kharismatik, anda akan mudah menemukan pendeta2 yang bisa berbahasa roh (syabala bala dan kata kata random lainnya). Pernahkah anda melihat bahasa ini digunakan sebagai komunikasi formal? Tidak. Karena sebenarnya, tidak ada yang paham.

        Meniru bahasa sangatlah mudah. Saya beberapa kali melihat orang kesurupan termasuk dukun yang berpura pura menguasai bahasa spanyol. Satu yang luput dari anda adalah: benarkah bahasa yang keluar dari mulut orang yang kesurupan itu memiliki arti? JIka dia berbahasa arab, apakah dia berbahasa arab secara baik, runtut, logis, atau dia cuma asal bersuara yang dimata orang awam terdengar seperti arab? Hal ini sangat mudah dilakukan dan sejauh ini tidak ada kasus dimana hal ini bisa diverifikasi.

  17. Sumpah ya kalian ini lucu abis! pasti nilainya pada bagus ya waktu sekolah? Text-booker~ Salut sama usaha kalian ‘membuktikan’ sains yg luar biasa menandingi ‘Tuhan’ ! But wait! jangan berpuas diri dulu ya, karena text book2 itu masih bisa banget lho untuk dirubah, dimodif, atau ditambahin. Jadi jangan lupa buat selalu update2 jurnal ilmiahnya, yah walaupun sayang ga ada jurnal ketuhanan.
    What a fool~ kalian ini pinter banget, tapi sombong. Bebicara ttg jagad raya yg luas dengan kepastian hanya dengan bermodalkan otak yg kecil. Yg saya penasaran “Apakah orang ateis tidak merasakan sesuatu yg ‘lain’ di dalam rongga dada mereka? bukan sekedar jantung yg berdetak, bukan sekedar syaraf yg mengantarkan impuls? yg mempengaruhi otak mengambil tindakan antara yg disebut hal baik dan buruk? sebagai orang awam, yg saya tau otak akan berpikir ttg ‘bahaya-atau tidak’,’menguntungkan-atau merugikan’ ,dsb. i mean, apakah kalian tidak bisa merasakan ‘jiwa’ kalian sendiri?”
    Ketika kecil saya sering bertanya Tuhan itu sperti apa, dsb. Saya masih sangat kecil untuk mengetahui keterbatasan saya untuk hal ‘melihat Tuhan’ Sedikit kutipan cerita dari agama saya, dikisahkan nabi Musa As yg akan bermunajat dengan Allah, kemudian Musa berkata pada Allah utk menampakkan wujud-Nya supaya Musa dapat melihat Allah. Kemudian Allah menjawab bahwa Musa TIDAK SANGGUP melihat-Nya, tapi Allah melanjutkan dgn memerintahkan Musa untuk melihat ke suatu bukit (dlm bahasa aslinya disebut Jabal). Jika bukit itu tetap seperti sedia kala, maka Musa dapat melihat Allah. Namun apa yg terjadi? ketika Allah ‘menampakkan diri’Nya (tolong jangan dibayangkan seperti manusia,ataupun makhluk lainnya,atauun apapun ya, *even membayangkan sesuatu dengan yg belum pernah kita lihat saja sangat sulit kan?:) ), seketika itu bukit itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Get the point? Bukit/gunung itu saja sampai hancur ketika Tuhan ‘menampakkan diri’, apalagi mata manusia?
    Bagaimanapun mengubah prinsip itu memang sangat sulit, tapi setidaknya tolong berendah hati. Tidak semua hal di DUNIA ini (dunia kami yg percaya adanya Allah, akhirat, ruh, dll) sangat mustahil dapat dijangkau otak kita yg kecil ini. Saya tahu mungkin IQ anda bisa lebih dari 200, tapi pernahkah anda berfikir bahwa dengan otak luar biasa itu pun bahkan tidak dapat merasionalkan semua hal even di DUNIA ANDA (tanpa akhirat,dsb)? Semakin berisi, padi semakin menunduk. Namun Anda, semakin ‘berilmu’ semakin sombong, seakan2 apa yg telah ditemukan oleh manusia setelah beribu2 tahun adalah pencapaian manusia dengan usahanya sendiri.

    • Mbak novita, saya pembaca netral blog ini dan saya masih memegang teguh agama saya,,tapi jujur kata2 pada blog ini tidak terasa kesombongan atau lainya, mereka hanya menyampaikan apa yang mereka ketahui dan sejauh ini sesuai dengan bukti2 yang ada.
      justru kata2 mbak yang sumpah serapah, men-jugde sekenanya dan berkata2 tanpa bukti apapun…hanya berdasarkan perasaan semata…

    • Sdr. Novita, Penjelasan ateis pada blok ini disajikan menurut saya hanya berdasarkan fakta dan bukti, dimana putih adalah putih dan hitam adalah hitam tanpa menyinggung perasaan orang lain. Mereka menjelaskan berdasarkan nalar para cendekiawan sains yang mengumpulkan data dilapangan, mengujinya dilaboratium dan hasilnya didiskusikan oleh ribuan cendikiawan lainnya dan dirumuskan dalam satu teori, kemudian teori-teori ini dipadukan dalam satu teknologi misalnya komputer yang sedang anda gunakan atau HP untuk berkomusikasi bahkan kasiat obat yang anda minum hingga sembuh dari sakit. Semuanya ini berdasarkan bukti yang valid dan anda sendiri juga bisa menelusuri bukti-bukti tersebut melalui referensi, buku diperpustakaan, melalui jurnal-jurnal ilmiah atau tersedia juga didunia maya. Jadi sains bukanlah simsalabim tercipta berdasarkan dogma, komat kamit ayat-ayat suci atau ilusi melainkan sains tercipta dari kerja keras saintifik yang juga adalah manusia, bukan jin bukan setan bukan juga adikodrati. Semakin anda meremehkan bahkan memaki ateis, semakin menampakkan kepada orang lain akan kwalitas anda sebagai orang beragama yang jauh berbeda dengan orang ateis. Sebaiknya didunia zaman modern ini kita menjauhi dari kebodohan dan sifat munafik kerena semua telah disediakan oleh sains dan teknologi sepanjang yang kita perlukan dan janganlah bersifat pura-pura tahu tapi tidak tahu, ntar diketawain atau dimarahin oleh yang maha kuasa lo.

  18. Penelitian menunjukkan ada pada manusia, namun tidak pada hewan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menimbang manusia dan hewan sebelum dan sesudah kematian.

  19. Jiwa itu seperti apa? Anda benar mengatakan yg berdebar di rongga dada itu jantung. Benar kita juga belum mengetahui segalanya di dunia tapi kita manusia tidak puas akan hal tersebut. Manusia juga tidak puas dengan hal itu. Apa yg dianggap kebenaran hari ini bisa salah besok. Tapi apa agama bisa seperti itu ? Sains bisa tunduk akan kebenaran dan mengkoreksi diri, apakah agama bisa ? Btw soal Musa belum ada catatan sejarah kisah itu benar adanya. Exodus sebesar itu pasti tercatat. Dan bangsa mesir merupakan bangsa yg sudah mengenal tulisan, atau setidaknya karena anggapan “sejarah ditulis pemenang” akan ada catatan dari bangsa lain.

  20. hanya kematian yang dapat menjawab smuanya…susah selagi manusia itu hidup..karna smuanya merebutkan saling benar dan paling benar.. itulah knapa ada kata PRIMITIF…

    • Ini tentu klaim sepihak. Orang yang benar benar mati tidak hidup lagi. Orang mati tidak bisa bersaksi bahwa Neraka tidak ada.

      Bayangkan saya menawari anda uang 100 milyar, dengan syarat anda harus mati dulu, dan uang akan saya kasih di alam lain nanti. Anda perlu bukti? Mati dulu.

      Yang mengherankan adalah kenapa logika itu dipercayai jutaan orang.

    • 1980, Moskow, Michael Gorbachev, menengadah ke angkasa Rusia, menyaksikan pesawat-pesawat tempur Rusia bermanuver dalam berbagai formasi yang sangat mengagumkan , tiba-tiba, dua pesawat bertabrakan memecah kekaguman,… “Oh My God”,… Teriak Gorbachev, …dan Atheispun merindukan Tuhan…Ketika Insan-insan athesime merasa diri mereka sangat hebat, disisi lain, dalam benak dan rasio terwaras mereka, mereka akan tertegun, bertanya, bergumam dalam hati, bahwa ada yang lebih hebat, ada yang lebih berkuasa, ada sebuah kekuatan yang mengendalikan alam ini diluar kemampuan mereka sebagai manusia yang mereka anggap super power, super man seperti yang ternarasikan dalam Sabda Zaratustranya Friedrich Nietze. Inilah yang dialami oleh Michael Gorbachev, atheis tulen, punggawa Benua Merah Uni Soviet, yang juga bisa merefresentasikan kondisi psikologis umat Atheis lainnya.

    • Wuih, tentu. Rata rata ateis tidak percaya santet. Saya sendiri sejauh ini sudah melayani belasan tantangan santet dan hasilnya tidak ada.

      Mereka yang mengaku beragama pun banyak yang tidak percaya santet. Teman teman dari indoskeptics atau indonesian rasionalist society misalnya. Akan senang hati jika ada yang menantang mereka untuk disantet.

  21. Pak, atau mas, atau om yg mengaku Atheis
    Saya mau nanya, berarti kalo anda tidak percaya akan adanya roh, pasti anda juga tidak percaya adanya makhluk gaib/makhluk halus.
    Okey, sedikit cerita ; saya pada awalnya kurang yakin akan adanya roh atau makhluk gaib, saya juga agak ragu atas agama, dan saya bukan paranormal atau memiliki indera ke 6.
    Singkat cerita thn 2010 silam, om saya meninggal dunia, saya dan keluarga berkumpul dipemakaman sampai akhirnya jenazah om saya dikubur, setelah itu keluarga dan kerabat mengelilingi makam dan berdoa, saya seorang fotografer dan kebetulan waktu itu saya yg dtugasi mengambil gambar acara pemakaman, betapa kagetnya dan pikiran saya campur aduk, setelah melihat ada salah satu foto yg disana ada kabut yg menyerupai wajah om saya yg sedang tersenyum, tepatnya pas di atas kuburan, saya masih merinding kalo menceritakan ini.
    Bagaimana ada menjelaskan tentang hal tersebut. terimah kasih

      • Bro jarwo, sy seorang fotografer, ya pasti bisa lah membedakan bentuk objek2..benda, manusia, pemandangan, kabut, asap, cahaya, warna , atau awan dll.
        Dan yg satu ini menurut sy sangat aneh karena berupa asap/kabut sangat halus yg menyerupai wajah om saya sendiri, kalo dilihat sekilas memang kurang jelas karena memang sangat halus, Dan saya sendiri yang memotret bukan orang lain.

        Mohon maaf, itu kejadiannya lumayan lama, jd fotonya ga saya save di file pribadi saya, tapi ada di laptop keluarga saya di luar kota. dan fotonya ga pernah di publish untuk umum, dan kalo memang bro jarwo pengen bgt liat, nanti coba saya tanya dulu ama sodara saya apakah boleh n masih disimpan. jujur aja, saya sendiri ga berani nyimpen. merinding.
        Mungkin bro jarwo bisa ngasih sy alamait emailnya kalo sewaktu waktu bisa saya kirim.

        saya udah banyak liat foto2 penampakan hantu di internet maupun lihat di youtube, dan memang ada beberapa foto yg sejenis ama foto yg saya maksud diatas.

  22. Maaf , ga tau kenapa saya posting disini kemaren, tapi sekarang sudah dihapus

    Baik, saya ulangi postingan saya. Semoga mendapat tanggapan dari pak Atheis.
    Saya sampai sekarang ngerasa aneh, tidak mengerti, dan masih bertanya tanya tentang kejadian yang saya alami. Dan kejadian ini telah merubah pikiran saya.
    Saya seorang fotografer, pada awalnya sy tdk mempercayai adanya mahluk gaib, roh, surga neraka, dan meragukan agama manapun ( “mama saya protestan dan ayah saya muslim dan sy sendiri diberi kebebasan memeluk agama manapun, awalnya agama sy protestan, tapi kemudian menjadi seorang muslim), tapi saya bukan seorang yg taat.

    Singkat cerita, pada awal tahun 2010 silam , om saya meninggal dunia. Saya ditugasi untuk memotret moment2 Om saya meninggal, dari sejak jenazah dimandiin sampai Dengan proses pemakaman. Ada kejadian aneh setelah saya memotret moment ketika saudara dan kerabat mengelilingi makam untuk berdoa bersama2. Setelah saya memotret, alangkah kagetnya saya, pikiran campur aduk tidak karuan melihat gambar hasil jepretan saya, ada kabut asap putih diatas gundukan tanah makam menyerupai wajah om saya yg sedang tersenyum memandang langsung ke camera. Waktu itu sy tidak cerita karena saya gemetar takut pikiran tidak karuan. Dan setelah proses pemakaman selesai, agar lebih jelasnya hasil jempretan saya transfer ke laptop, dan saya mulai berani cerita kepada saudara2 saya, dan banyak yg menangis ketika melihat foto tsb termasuk tante (istri dr om saya yg meniggal). Dari semua foto yg saya ambil, hanya satu foto tersebut yg saya sendiri ngerasa ada yg aneh dan membuat sy merinding.
    Saya masih merinding kalau menceritakan hal ini ke orang lain.

    Kepada Bapak Atheis yg katanya tidak percaya Adanya Roh/Makhluk Gaib
    Bagaimana anda menjelaskan secara logika dan sains tentang kejadian tersebut,
    Terimah kasih banyak
    Salam Hangat

    Rendy

    • Bro jarwo, sy seorang fotografer, ya pasti bisa lah membedakan bentuk objek2..benda, manusia, pemandangan, kabut, asap, cahaya, warna , atau awan dll.
      Dan yg satu ini menurut sy sangat aneh karena berupa asap/kabut sangat halus yg menyerupai wajah om saya sendiri, kalo dilihat sekilas memang kurang jelas karena memang sangat halus, Dan saya sendiri yang memotret bukan orang lain.

      Mohon maaf, itu kejadiannya lumayan lama, jd fotonya ga saya save di file pribadi saya, tapi ada di laptop keluarga saya di luar kota. dan fotonya ga pernah di publish untuk umum, dan kalo memang bro jarwo pengen bgt liat, nanti coba saya tanya dulu ama sodara saya apakah boleh n masih disimpan. jujur aja, saya sendiri ga berani nyimpen. merinding.
      Mungkin bro jarwo bisa ngasih sy alamait emailnya kalo sewaktu waktu bisa saya kirim.

      saya udah banyak liat foto2 penampakan hantu di internet maupun lihat di youtube, dan memang ada beberapa foto yg sejenis ama foto yg saya maksud diatas.

      • Halo bro, maaf baru balas..baru bisa ngintip forum ini lg, soalnya lg banyak kerjaan.

        Okey menurut bro ini kemungkinan besar pareidolia ya…
        hmm.. begini, sbelumnya saya sudah banyak melihat contoh2 fenomena paraeidolia ini, dan jujur aja saya baru tau istilahnya (pareidolia0, dan setelah saya search di google saya menemukan berbagai penjelasan mengenai paraedolia ini. Dan foto yang saya maksudkan tidak seperti paredolia, ini bener2 beda dan saya cukup mengerti apa yg dimaksud dengan paredolia , dan mata saya cukup jeli untuk bisa membedakan fenomena paraeidolia atau bukan.
        Jadi menurut saya ini bukan fenomena paraeidolia…

        oh iya mohon maaf, fotonya belum bisa di publish,,, sy ga dapat ijin dr keluarga, ya coba cari di google, banyak koq foto2 yg sejenis.
        terimah kasih bro

      • info aja : awalnya saya tidak percaya tentang adanya makhluk gaib dan foto2 penampakan yg banyak beredar di internet. karena sy seorang fotographer n udah ribuan foto hasil jepretan saya tidak satupun makhluk gaib yg menampakkan diri.
        Nah setelah kejadian yg saya alami sendiri, sekarang sy tau kalo foto2 penampakan makhluk gaib yg beredar di internet itu ada yg benar dan sy tentu saja bisa mbedakan mana foto yg benar dan yg dimanipulasi.
        Makasih sebelumnya.
        Salam hangat, Rendy

  23. Setelah kejadian ini, saya banyak search di internet, dan berfikir apakah mungkin ada benarnya kepercayaan orang2 jaman dulu akan adanya roh2 nenek moyang seperti kepercayaan kuno orang jepang, china, bangsa maya, suku indian, dan di indonesia sendiri yaitu suku dayak dan Bali (yg sangat terkenal akan mistis nya, terutama leak bali )

    Terimah Kasih

  24. Saya hanya bingung dengan ilmu pengetahuan (Science, sains, atau apalah nama istilah anda sendiri). Kenapa bingung, karena kadangkala Science sering terlambat menjawab sesuatu. Bahkan, misalnya, orang bisa terbang saja perlu mengumpulkan waktu berabad-abad. Itupun bukan terbang beneran, namun merekayasa alat dulu kemudian bisa terbang.
    Baiklah, jika sains itu tidak menyukai klaim. Namun, sains tetap saja belum dapat menjelaskan kenapa semut bergerak. Tapi, Robot bergerak tentu anda tahu. Tapi tetap saja anda sendiri tak dapat melihat listrik yang mengaliri robot melalui mata kepala.
    Robot bergerak karena ada tenaga, tenaga itu berbagai macam sumbernya. Tapi, tenaga itu tak lain daripada listrik. Sumbernya berbagai macamlah. Kalau sumbernya nuklir, mungkin tahan lama lah. Tapi, kalau battery lithium, haiyah …. mungkin perlu charger lagilah. Charger terus….
    Begitulah sifatnya sains, yang telah dibuktikan, obyektif, dengan berbagai beralatan yang fancy dan interesting.

    Mohon analogikan dengan manusia. Kenapa badan manusia tak dapat diisi dengan listrik? Frankenstein misalnya, jika anda berargumen seperti itu. Mereka pencerita novelnya itu bilang dia bukan seperti manusia. Mungkin bisalah, sebab tiada yang tak mungkin kan anda bilang. Coba sajalah dirumah.
    Atau Analogikan Binatang kecil saja deh, pilihlah. Kenapa mereka bukan seperti robot yang memakai program AI kompleks yang bisa hidup karena listrik.
    Kenapa mereka semua makhluk itu tak mau memakai listrik?

    Mohon dimonitorlah laborat tercanggih, yang sampai hari inipun, yang gedenya sangat besar, kenapa belum dapat merekayasa roh (atau kalau anda suka, pakai bahasa anda saja deh, belum dapat merekayasa membuat saraf-saraf yang hidup) yang membuat anda mikir dan membaca tulisan saya yang jelek ini.

    Saya salut dengan percaya diri anda yang memilih dan mungkin mencoba membuat suatu klaim. Atau mungkin, anda berusaha mengutarakan anomali-anomali. Namun, bagaimana blow up anomali yang anda utarakan itu hanya berhenti sampai di situ saja, kemudian belum membantu menjelaskan alternatif-alternatif yang lain?

    Justru inilah beberapa pertanyaan saya. Kenapa sains begitu lambat menjelaskan dan merekayasa sesuatu. Hampir sama seperti strategi bisnis Iphone atau Pentium 1,2,3,4,5,6 dan etc.
    Abad yang lalu, komputer segedhe rumah. Lalu, sekarang segedhe kotak amplop. “Kebenaran kemarin bukanlah kebenaran di hari yang akan datang”, kata sains.

    Kadangkala manusia dibohongi oleh panca indera, bahkan fakta-fakta tidak dapat berbicara sendiri lho. Tapi, andalah politikus-politikus penuh kepentingan yang bersuara seolah-olah ilmiah melalui klausa, kalimat, kata-kata dan simbol-simbol. haiyah….

    Saya pun bingung, kenapa ada kelompok atheis dan theis, dan keduanya itu berdebat, alasannya “menyebarkan kebenaran”.

    Sains lambat menjelaskan, sudah berpuluh abad ditunggu. Sampai kapan? Jangan-jangan keburu tutup usiaku dan dirimu. Ini kesanku terhadap sains. Bukan sepenuhnya jelek, atau sepenuhnya tak bagus, tapi lambat.
    Kenapa ide-ide yang bagus justru diadopsi dari buku-buku kitab suci ya?? I just wondering?
    Bagaimana dengan Pikiranmu, yang pastinya bukan pikiranku.

    • mengapa science berjalan lambat, karena jutaan manusia sedang hidup dalam delusi yg susah untuk dicerahkan melalui logika, coba bayangkan jika semua manusia tidak berpatokan terhadap dongeng kitab2 suci sebagai pedoman kebenaran, maka akan lebih banyak manusia yg akan berpikir dan mencari tahu dan tentunya akan berimbas terhadap kemajuan science secara lebih cepat, karena Agama memberikan kita batasan2 dalam berpikir, atau lebih ekstrimnya berhenti berpikir…

  25. Yang lebih aneh lagi ternyata Agama tidak membuat manusia lebih baik: Mau bukti? Baca saja koment di sini atau di forum2 lain.

  26. Saya telah melihat komen-komen dan artikel di sana sini, di web ini, apa yang saya rasakan adalah banyak persen sifatnya amatir persis seperti yang baru saja anda bikin di atas.
    Kesimpulan amatir dan belum matang seperti bahasa komputer binary 1 dan 0, jika ini bukan maka pasti ya kebalikannya.

    Saya hanya merasa bahwa pengalaman pribadi anda tak lebih dari klaim yang kurang matang. Meskipun anda hidup ratusan tahun, jika itu mungkin anda buat. Kemudian mati di umur itu, You name it … 100, 200, 300 … your experience are not more than immature. Too Slow.. Late Science… Ilmu Pengetahuan Seringkali Terlambat.

    Saya lebih tertarik kepada pencarian dan penelitian jawaban lagi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang belum terjawab, ketimbang memproduksi klaim induktif yang sebenarnya hanya menunjukkan betapa sains dan panca indera itu sungguh sangat lambat. Suatu klaim, yang anda sekalian sendiri mempekerjakannya sebagai bahan baku membuat argumen. Karena itulah,
    Atheis seperti menjadi “Pelawak” yang dengan Fancy Kits – Fancy Equipment berusaha menghibur para Theis… really your thought..funny :).

  27. Btw, melihat dengan kepala sendiri, bahwa memperkerjakan keyakinan, seseorang yang tak pernah mendalami prodi Filsafat pun bisa berjalan di atas air. Tak perlu menunggu Alat-alat yang diketemukan dengan rumitnya prosedur laborat. Atau mencari proposal dengan cara berkata-kata bagus memuji supaya anggarannya diluluskan. Dan, yang paling hebat lagi, tak perlu menunggu adanya zaman Iphone dan Pentium 15, yang mungkin keluarnya berabad-abad lagi lamanya.
    Meskipun demikian, ngomong-ngomong, pengetahuan keterampilan itu hanya untuk dirinya sendiri.

    Sementara itu, grup anda masih sibuk berdiskusi dan mengiklankan ketiadaan keyakinan, betapa bagusnya bukti (melalui panca indera), betapa bagusnya akal, dan semua hal yang menurut saya tak lebih dari ibarat percikan-percikan air di antara lautan. Inilah kelompok di mana sebenarnya betul-betul sangat terlambat.

    Hehehe… skeptis dengan berjalan di atas air. Kalau ndak percaya, anda coba cari sendiri di Indonesia sana, bertanyalah bagaimana cara mendapatkan skill itu…. pasti jawabannya bukan dengan cara meniadakan roh dan keyakinan.

  28. Bila manusia bisa hidup tanpa roh, mengapa tak ada manusia yg bisa menciptakan manusia lain? Atau mengapa ilmu kedokteran tak dapat menghidupkan kembali manusia yg telah mati? Jawabnya adalah karena dalam diri mahluk hidup ada sesuatu yang menghidupkan dan itu datangnya dari pencipta.

    • Hatinya para atheis uda mnjadi batu…ga ada iman ga ada agama….! Klw kita trus komentarin mereka percuma..hidup kita sia2 …….ga ada faedax……untukmu agamau untukku agamaku……Hanya allah yg tau….smoga kita smua slalu diberi hidayat oleh Allah ..amin..amin….

      • Iman itu apa? bahkan mereka yg menganut animisme atau dinamisme pun jika ditanya mereka jg akan mengklaim yg dilakukan adalah atas dasar iman mereka…

      • @pak jarwo, iman itu apa? berarti otak atheist ada batasannya….
        iman itu keyakinan hati, perkataan lisan, dan amal perbuatan, bisa bertambah dan bisa berkurang itu agama saya yang menjelaskan. atheist adalah manusia paling munafik yang saya tahu…. karena dia mempunyai iman untuk menjadi seorang atheist

    • Past life regression adalah sesuatu yang tidak testible. Seseorang mengaku bahwa dikehidupan sebelumnya dia adalah anak dari abraham lincoln, tidak ada cara untuk memverifiaksi hal ini. Dia bisa menceritakan segala sesuatu secara detail, namun tidak ada jaminan dia tidak membacanya dari sebuah buku. Ataupun mengarang.

  29. Sekarang begini, sains itu ilmu pengetahuan..
    Tidak semua penganut sains itu atheis. Ada jg yg theis..
    Btw masalah Roh/jiwa..
    Ilmu pengetahuan bisa menciptakan robot. Anggaplah robot yg canggih dgn otak superkomputer..
    Dia hidup dari (misal listrik) lalu bisa bergerak/hidup.
    kalau manusia udara yg menyebabkan jantung berdetak mengalir ke otak..
    Pertanyaannya?
    Apakah robot bisa berfikir sendiri? Dgn mandiri tanpa input data2 dari luar? Memahami dirinya sendiri.
    Sedang manusia bisa berfikir, juga bisa merasa,, memang yg berfikir itu otak.. Kalau di ilmu sains otak itu adalah super komputer,
    lalu kenapa robot tak bisa berfikir?
    Sesuatu yg memahami itulah jiwa/roh..
    Jadi roh itu bukan udara-jantung-otak,
    kalau benar begitu kita tak ubahnya seperti hewan, anggaplah gajah, otaknya besar tapi kosong..

  30. Saya akan mencoba mengaplikasikan pendapai saya kesini meskipun mungkin cara pengungkapannya amatir..
    Semua ilmuwan belum tentu atheis bahkan juga para pemimpin agama belum theis..
    Jika anda tanya mengapa? tanya sama tembok..
    Manusia mempunyai selera
    Yg saya suka belum tentu anda suka begitu jg sebaliknya,
    Yang pernah saya rasa atau ketahui belum tentu anda pernah merasa atau mengetahuinya begitu juga sebaliknya..
    Jika saya ingin menyangkal adanya roh itu tidak mungkin karna saya membuktikan mereka ada dg proses raga sukma dan jika saya ingin menyangkal oksigen sebagai penyuplai kehidupan itu tidak mungkin karena memang oksigen yg menyuplai, dan beberapa kejadian mati suri yg pernah dirasakan oleh semua jenis golongan seperti atheis & theis membuat saya yakin bahwa Tuhan itu ada tidak lebih hanya sebagai pencipta dan agama itu tidak ada karna tidak sesuai dengan konsep kehidupan..
    Kembali ke selera, kita mempunyai berbagai macam tawaran untuk memilih dan ketika otak bekerja untuk melakukan pilihan disanalah hasrat tiap” manusia muncul kepermukaan dan tiap manusia akan memilih jalannya sesuai hasrat pada dirinya..
    Jika anda mempengaruhi orang yang sukanya minum teh untuk meminum kopi maka tergantung dari hasrat orang tsb jika ternyata dia baru tahu kalau kopi lebih enak drpd teh maka dia akan beralih, jika dia tidak berhasrat pada kopi maka dia tidak akan mau meminum untuk kesehariannya
    Begitu juga theis & atheis bagaikan sifat baik dan buruk. Jika ada atheis tak mungkin ada theis. Bukan hanya tata surya yang berotasi pada porosnya tapi kalian juga bekerja pada interaksi sosialnya. Kalian sengaja diciptakan saling berbeda utk menjaga keseimbangan sosial. Karna jika setiap orang berpemikiran sama maka dunia tidak akan berjalan sejauh ini. Sesuai sifat alam yg tanpa batas atheis terus berkembang. Sesuai sifat dimensi yg berlapis” theis jg ikut berkembang.. indahnya dunia ini dg berbagai macam perbedaan dan terdapat perbedaan lagi dan lagi dalam tiap” perbedaan..
    Oyaa tapi negara yg nilai GIP nya tinggi negara yg banyak dihuni atheis lhoo kenapa ya????
    Karena atheis lebih sukses memperkecil perbedaan dan theis masih sibuk dengan banyakx perbedaan..

    • Jangankan binatang bersel tunggal.

      Manusia yang baru aja mati pun, bisa dihidupkan pake sains

      – CPR
      – Defribilitator

      • Kl begitu kenapa CPR ma Defribilitator ga bisa ngidupin orang yang udah mati agak lama sedikit, misalnya 0.5/1 jam? Apa bedanya orang yang baru mati 10 menit dengan yang sudah mati 30 menit? Dan setahu saya CPR dan defribilitator ga selalu berhasil (kl ga salah presentasi keberhasilannya cuma +/-18%). Jadi apa bener bahwa CPR dan defribilitator yang bisa membuat orang hidup lagi? Ato sebenarnya itu cuma menunda kematian aja?

      • hahahaha pake alat2 gitu di bilang idup?? itu sih namanya tetep aja mati.. orng tetep ga bisa ngapa2in cuma jantungnya aja yg masi berdetak gt..

  31. Jika klian mnganggap bhwa tuhan itu tdk ad,
    bgaimna kalian bisa hdup ?
    Siapa yg mnciptakan kalian ?
    Apakah kalian memiliki akhir tujuan hidup ?

    • Hallo semuanya. Salam Damai.
      Saya orang yang percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kuasanya. Namun saya memutuskan utk tidak memeluk agama apapun. Saya percaya bahwa dalam kehidupan kita, ada dua permasalahan yang kita alami. Yang pertama adalah masalah TANG DAPAT KITA UBAH. Untuk menghadapi masalah ini, kita harus rendah hati belajar dan meneliti dalam mencari solusi. Kemudian yang kedua adalah masalah YANG TIDAK DAPAT KITA UBAH, mungkin karena keterbatasan kita sebagai manusia (keterbatasan kita berbeda-beda lho untuk setiap pribadi). Nah, disinilah kita harus berlapang hati dalam menerima masalah tersebut. Berdasarkan pengalaman dan jalan hidup saya, untuk memghadapi masalah kedua inilah kita memerlukan Tuhan, bukan untuk mengubah masalah kita; namun untuk membuat kita merasa tentram. Saya berpendapat bahwa doa tidak akan pernah menyelesaikan masalah kita tanpa kita bertindak atau mengambil keputusan. Doa hanya membuat kita merasa lebih nyaman. Itulah yang kita sebut dengan iman. Iman adalah meyakini sesuatu yang membuat kita nyaman.

      Oke. Soal adanya roh dalam kehidupan manusia. Saya tidak percaya manusia diciptakan oleh Tuhan. Manusia itu diciptakan oleh KESADARAN manusia (orang tua). Ini alasan saya berpendapat demikian. Manusia dapat terbentuk karena adanya pertemuan sel sperma dan ovum. Sperma dan ovum dapat bertemu jika terjadi hubungan seksual. Hubungan seksual untuk menghasilkan keturunan ini tentunya dilakukan atas kesadaran calon orang tua. Pasangan suami istri kalau tidak melakukan hubungan seksual tidak mungkin akan menghasilkan keturunan (manusia baru). Perihal sudah melakukan hubungan seksual siang malam, tujuh hari seminggu nonstop tapi masih belum menghasilkan keturunan, itu buka karena Tuhan menghukum atau belum mau memberi keturunan. Itu bisa terjadi karena kualitas sperma atau ovum atau mungkin kondisi rahim yang tidak optimal (dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup) untuk pembuahan maupun perkembangan janin.

      Akhir kata saya ingin menyampaikan bahwa blog ini sangat bagus. Tidak sedikit pun terkesan sombong. Dan yang terpenting adalah dapat membuka wawasan kita tentang kehidupan dan relasi terhadap sesama.

      Terima Kasih.

  32. says mau nanya. jika konsep kebetulan itu dapat membuat sistem2 yang rumit, dapatkah anda menebak saya sedang main rubik. saya mainnya tanpa melihat karena saya memakai penutup mata. saya juga belum tau rumus rubik. saya mainnya asal2 an tanpa mikir dan melogika. berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk dapat menyetarakan warna2 tersebut hingga ke titik kesempurnaan? monggo bantuin jawab pake logika anda yang saya anggap jenius!

    • Berapa lama? Tergantung kecepatan putar anda (turning per second). Rubiks berdimensi 3x3x3 memiliki probabilitas 43 quintilliun. Jika anda memutar rubik secara acak dengan kecepatan 5 tps non stop, maka dalam satu tahun anda menghasilkan 157,680,000. Tinggal dibagi saja.

      • itu klo rubik yg sudah ketahuan jumlah dimensinya.. klo alam semesta, ada brpa banyak unsur n faktor sampai tercipta keadaan yg skrg?? ingat ya atheist, seandainya mimpi kalian terwujudpun (alam semesta terjadi dgn sendirinya) tetap kalian ga mampu menjelaskan bagaimana semua hal ini bisa terjadi dan tersusun rapi hingga adanya kita saat ini..

        bayangin aja seandainya di depan anda ada mobil yg melaju kencang yg ada dgn sendirinya tanpa ada yg mengadakan (albiogenesis) tp ga ada pengemudinya.. mati kaoo.. hahahaha

        ada tapi tidak ada yg mengendalikan = chaos

  33. “Mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: ‘Ruh itu termasuk urusan Rabbku dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit’.”(Al-Isra: 85)

    para antekis mania dan pa ndais mania, kalian hidup di dunia buat apa?
    agama diturunkan agar otak kalian yg terbatas bs tau akan sang kholik, tau tujuan di ciptakan kalian, tau mana yang benar sm yg salah. gak kyk binatang kerjaanya makan ngebo trs mati di makan, ente mau mayat ente dimakan sm ateis yg lain?

    klo ente bilang kenapa tuhan gak nongol biar manusia damai hidup tentram, beriman smua dll?
    pertanyaan kalian smua para keturunan monyet dah ditanyakan dulu ketika quran turun.
    Allah mampu membuat smua manusia di dunia beriman atau semua kafir smua. tp Allah lebih tau akan tujuan diciptkanya manusia dh bukan hal yg sia2
    Dan (ingatlah) ketika kamu (Bani Israil) berkata:”Wahai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan jelas.”Qs. 2:55)

    mati dan hidup untuk apa?
    “Yang menciptakan mati dan hidup untukmenguji kamu siapa di antara kamu yang lebih amal perbuatannya. Dan Dia Mabaperkasa lagi Maha Pengampun.” al mulk ayat 2

    lalu siapa yg menciptakan tuhan dan seperti apa?
    Allah adalah wajibul wujud tidak diciptakan dan tidak menciptkan diriny sendiri tapi wajib adanya.
    seperti apa
    jawabnya laisa kamisli syaeun wahua samiiun bashiir
    tidak ada yg menyerupainya dg sesuatu apapun di alam semesta dan dia maha mendengar lg maha melihat.
    kono nek arep bantah ya
    jawabanya dalam surat alba qoroh ayat 7dan 8

  34. alhamdulillah…setelah baca artikel ini, keimanan saya bertambah..ternyata memang otak kita tidak sanggup membuktikan adanya ROH…apalagi TUHAN…memang benar segala Firman-NYA. Terimakasih ya Allah…dengan adanya para pemikir2 Atheis…ini membuktikan bahwa Engkau Maha Kuasa. Mereka yang tidak beragama…yang hidupnya hanya fokus untuk ilmu pengetahuan dan teknologi saja tidak bisa membuktikan keberadaan MU…apalagi kami yang sibuk mentaati peraturan-MU…sungguh luar biasa Nikmat-Mu ini.

  35. ROH adalah bagian dari TUHAN itu sendiri.
    Semesta dan seluruh isinya ini bersama TUHAN.
    Nah,,, bagaimana nantinya jika TUHAN meninggalkan kita dan semua alam semesta ini???

    Bayangin aja kayak ente tu mati n lama2 jasadmu membusuk.
    Mungkinkah Alam dan isinya ini seperti itu? Menurutku sih mungkin…. hehe!!!

  36. Ternyata bagi sebagian orang, betapa sulitnya ya mencari bukti adanya Tuhan…semua ayat kauniyah (bukti yang ada di alam semesta) tidak memperkuat keyakinan akan adanya Tuhan bahkan sebaliknya. Ayat qouliyah sendiri (kitab suci) juga tidak dipercayai.
    Tapi sebenarnya tidak aneh juga… bukankah sejak dahulu sebagian manusia sudah berlaku demikian? Maka beruntunglah manusia, yang setiap kali melihat ciptaan Allah yang mengagumkan ia berdoa robbana ma kholaqta hadza batila subhanaka wa qina adzabannaaar…

  37. begitu menarik terhadap paparan logika di atas tapi yang saya tanyakan kenapa manusia bisa memiliki sifat ke akuan , aku berbeda dengan kamu aku suka ini dan kamu tidak suka ini ..
    apa itu ke akuan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s