Bagaimana penjelasan mayat tokoh agama yang tidak membusuk?

Pertanyaan Terkait:
– Kenapa mayat tokoh agama X tidak membusuk?

Fenomena ini biasa disebut ‘incorruptible bodies’. Klaim ini paling terkenal di agama katolik dimana mayat orang orang yang dianggap suci sering diletakkan didalam peti kaca dan tersebar bahwa tidak membusuknya mayat itu adalah bagian dari mukjizat. Di Indonesia fenomena serupa sering menjadi bahan berita di media dimana orang orang tertentu yang makamnya dibongkar ternyata tidak membusuk meskipun mati cukup lama. Dan karena agama mayoritas di Indonesia adalah islam, seolah hanya orang islam yang suci mendapatkan ‘mukjizat’ ini.

Hal ini secara sederhana adalah gabungan antara kebetulan dan ketidaktahuan masyarakat mengenai faktor2 yang mempengaruhi pembusukan sebuah mayat. Kenyataannya, hal ini dapat terjadi pada siapa saja dan tidak terpengaruh oleh background agama, atau se-alim apa dia semasa hidup. Mayat yang membusuk adalah sebagai akibat dari bakteri yang memakan sel sel dan jaringan dalam tubuh. Tingkat oksigen pada tempat mayat dikubur, ketiadaan cahaya, dan mikroorganisme yang ada di tanah/lingkungan mayat dikubur sangat menentukan tingkat kecepatan pembusukan mayat. Ini memungkinkan terbentuknya kondisi alami dimana mayat akan sulit rusak dan membusuk karena lingkungan kurang mendukung untuk penguraian mayat secara alami.

-val-

Bacaan terkait:
http://www.skepdic.com/incorrupt.html
http://listverse.com/2007/08/21/top-10-incorrupt-corpses/
http://people.howstuffworks.com/incorruptible.htm

15 thoughts on “Bagaimana penjelasan mayat tokoh agama yang tidak membusuk?

  1. Ping-balik: Selamat atang di ABAM! | Anda Bertanya Ateis Menjawab

  2. Kalau di katolik yg paling terkenal itu saint bernadette dari Lourdes yg jasadnya masih utuh. Kakek saya penganut tarekat , dulu dia tidak sholat, kalau rajin puasa iya…Setelah meninggal, beberapa tahun kemudian paman saya penasaran dan ingin membuktikan fenomena mayat masih utuh yg memang populer di kalangan tarekat..setelah kuburan kakek digali ternyata memang masih utuh sampai paman saya waktu itu pingsan karena kaget…
    Saya sendiri pernah membeli buku semacam mujarrobat di dalamnya ada amalan /wirid supaya nanti kalau meninggal tidak membusuk..jadi bukan karena kesucian saja tapi karena ada yg diamalkan untuk tujuan itu.

  3. saya gak ngerti. terus kenapa mumi masih bisa busuk? padahal udah dikasih segala macem supaya bisa tetap awet. eeeeeh… tapi tetap aja busuk. mungkin ini bukti kalau memang cuma orang2 tertentu yang jasadnya tidak membusuk.
    coba deh buktikan…, : kubur jasad orang sombong (ateis dan sejenisnya) di tempat dimana tokoh agama x di kubur. apakah akan membusuk atau tidak.

    • Jika anda paham apa itu mumifikasi dan mengetahui prosesnya, anda akan tau bahwa pembusukan mayat sangat tergantung pada sebagaimana kita bisa mensterilkan mayat dari mikroorganisme. Mayat orang sesuci apapun tidak akan awet jika dikubur di bantar gebang.

      Sebaliknya, ada konsisi alami yang memungkinkan mayat tidak tersentuh mikroorganisme. Fosil dinosaurus jutaan tahun kadang masih ditemukan dalam kondisi utuh, bukan berarti mereka orang suci.

      panci aja bisa bocor, tapi itu bukanlah bukti bahwa panci yang tidak bocor adalah buatan tuhan.

      • fosil itu terawetkan karena berubah menjadi batu mas bro,,,,,,tidak dalam kondisi alami mahkluk semasa hidupnya,,,,,,,,

  4. Ilmu mengenai forensik dan kematian disebut thanatologi. Di thanatologi bisa beberapa kondisi mengakibatkan tubuh tidak membusuk. Ada mumifikasi, saponifikasi. Oya ada pria inggris yg rela dibuat mummy modern lho. Bisa dilihat disini http://www.cbsnews.com/news/uk-man-donates-body-to-become-modern-mummy/ . Saat ini teknologi kita baru sebatas ini akan tetapi tidak mustahil ke depannya semua mayat tidak membusuk. Akan tetapi sebenarnya pembusukan itu diperlukan. Bayangkan kalau semuanya tidak membusuk akan seperti apa kita ?

  5. Memang faktor tidak membusuknya tubuh mahluk hidup ( mayat / bangkai ) bisa di sebabkan oleh faktor keadaan tanah seperti di sebut di atas…..
    tapi, ada hal yang kalian lupa….mayat yang awet hanya karena keadaan tanah itu bersifat kaku dan krispi / rapuh seperti kerupuk, kalo di sentuh terlalu kuat bisa rusak dan hancur…
    Lain halnya dengan jenazah para nabi, sahabat nabi dan para syuhada ( orang suci ), mereka awet karena perlindungan Allah, karena Allah SWT tidak mengijinkan tanah maupun bakteri untuk memakan jenazah mereka, sehingga keadaan jenazah mereka seakan baru meninnggal beberapa manit saja yang lalu saja…..walaupun mereka sudah maninggal ratusan bahkan ribuan tahun lamanya…..
    Pada awal tahun 1800-an, mekkah terkena banjir besar hingga ke kawasan dekat ka’bah….karena tergenang cukup lama, beberapa kuburan lama ( sahabat nabi ) terbongkar karena tanah makamnya hanyut di bawa banjir….terungkap beberapa jenazah yang awet dan tidak kaku / rapuh di pemakaman itu yang memang makan para sahabat rasullulah SAW…. ini di saksikan oleh rakyat mekkah pada saat itu….termasuk raja arab pada masa itu……jenazah mereka sperti baru meninngal beberapa menit saja….

  6. Saya tidak setuju dgn tulisan ini. Penulis seakan2 memunafikkan kesucian dari orang suci tsb. Asal anda tahu klo dalam pembongkaran makam itu diikutkan jga para dokter untuk melihat langsung keadaan jenazah baik utuh maupun tidak. Dan para dokter itu berkata sangat sulit untuk diterima secara manusiawi hal tersebut. Ingat, teori manusia bukanlah Tuhan.

  7. Untuk apa kita berdebat masalah ini,yang penting berbuatlah baik pada semua makhluk ciptaan Allah dan jalankan ibadah sesuai tuntunan agama masing-masing.Jangan mencari kelemahan siapapun,perbaiki diri setiap detiknya.

  8. awetnya jenazah bukan pada letak keAliman atau kekafiran seseorang, buktinya Banyak para ulama terkenal kesuciannya lebur jadi tanah ( Semua yg hidup akan mati, dan akan kembali sebgaimana dia diciptakan ), satu lagi Firaun yg kafir jasadnya sampai sekarang. :”jangan bangga dong yg punya papuk/balok jenazahnya masih awet.

    • Proses mumifikasi pada firaun itu melalui beberapa tahap, pertama bagian otak di hancurkan, dan dibuang, organ dalam seperti paru ginjal dll di ambil lalu disimpan di dalam guci2. Sisanya tinggal tubuh nya lalu dilakukan proses pembalsaman. Setelah itu di bungkus dengan kain dan di beri ramuan di dalam peti untuk menghindari pembusukan. Terakhir ditutup dengan peti dan dimantrai. Itu yg saya lihat di NGC. Sedangkan pada jenazah org suci Katolik tidak melalui proses itu. Hanya diberi lapisan wax/lilin untuk menjaga kelembaban. Logikanya jenazah akan membusuk dari dalam karena bagian organ dalam lebih cepat membusuk. Dlm keadaan normal tubuh manusia mulai membusuk 4 menit setelah kematian. Jd mungkin ini tugas teman2 atheis yg harusnya bisa membuktikan kenapa organ dalam dan tubuh orang suci katolik tidak membusuk.

  9. Masa sih.. Gimana kalo jenazah yang ribuan tahun terkubur tapi jenazah tersebut mengeluarkan aroma yang harum misitik dan masih mengeluarkan darah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s